Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yanti WD

Memahami Pentingnya Moralitas dan Etika dalam Bisnis

Bisnis | Monday, 15 Nov 2021, 01:15 WIB

Apa itu moral? Moral itu sendiri adalah suatu norma yang sifatnya kesadaran dari diri kita akan suatu kewajiban yang harus di jalankan, mana yang baik dan buruk untuk melakukan sesuatu atau keharusan untuk meninggalkan suatu perbuatan tertentu yang dinilai masyarakat melanggar norma atau hukum. Hal ini juga bisa dikatakan sebagai suatu kewajiban dan norma moral sekaligus menyangkut keharusan mauupun kewajibab untuk bersikap bersopan santun. Baik berupa sikap sopan santun maupun penilaian baik buruk terhadap sesuatu. keduanya sama –sama dapat membuat manusia beruntung dan bisa juga merugikan manusia. Dalam hal ini itu terdapat kesadaran terhadap suatu perbuatan dengan memadukan kekuatan nilai intelektualitas dengan nilai – nilai moral.

Definisi etika: Etika (Etimologi), berasal dari bahasa Yunani adalah “Ethos”, yang berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan (custom). Etika biasanya berkaitan erat dengan perkataan moral yang merupakan istilah dari bahasa Latin, yaitu “Mos” dan dalam bentuk jamaknya “Mores”, yang berarti juga adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan), dan menghindari hal-hal tindakan yang buruk.Etika dan moral lebih kurang sama pengertiannya, tetapi dalam kegiatan sehari-hari terdapat perbedaan, yaitu moral atau moralitas untuk penilaian perbuatan yang dilakukan, sedangkan etika adalah untuk pengkajian sistem nilai-nilai yang berlaku.

Di dalam beretika atau di dalam berbisnis ada beberapa ketentuan sikap yang harus di perhatinkan seperti tepat waktu dalam menghadiri rapat, menyebutkan nama klien dengan baik dan ramah. Dan juga Memberi suatu ucapan terima kasih atau maaf kepada klien. Hal-hal seperti ini merupakan suatu penerapan dari beretika dalam berbisnis dalam islam.

Etika bisnis mengunggah kesadaran dan memperhatikan batasan-batasan para pelaku bisnis untuk menjalankan yang baik dan tidak melakukan hal hal yang merugikan banyak pihak yang terkait dalam bisnis tersebut. Ketatnya persaingan bisnis menyebabkan beberapa pelaku bisnis kurang memperhatikan etika dalam bisnisnya sehingga bisa menimbulkan hal hal yang tidak diinginkan. Karna itulah masing-masing dari elemen suatu organisasi atau perusahaan tersebut harus bisa dapat menjaga etikanya sehingga kepercayaan dalam kerja akan dapat terjaga dengan baik.

Moralitas dan etika bisnis ini dapat dilaksanakan pada beberapa aspek. Saling menjaga kepercayaan dan kerjasama akan berpengaruh sangat besar terhadap reputasi perusahaan tersebut baik dalam lingkungan mikro maupun makro oleh karena itu menjaga nilai moral daan etika dalam berbisnis sangatlah penting.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image