Arab Saudi Tuan Rumah Forum Rusia dan Dunia Islam 2021

Senin , 22 Nov 2021, 10:11 WIB Reporter :Puti Almas/ Redaktur : Ani Nursalikah
Arab Saudi Tuan Rumah Forum Rusia dan Dunia Islam 2021. Gedung-gedung bertingkat di Riyadh, Arab Saudi.
Arab Saudi Tuan Rumah Forum Rusia dan Dunia Islam 2021. Gedung-gedung bertingkat di Riyadh, Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Arab Saudi akan menjadi tuan rumah pertemuan dari acara Group of Strategic Vision Rusia-Islamic World yang diselenggarakan tahun ini. Tema tahun ini adalah Dialogue and Prospects for Cooperation atau dialog dan prospek kerja sama. 

 

Terkait

Pertemuan akan berlangsung dengan partisipasi luas dari para pejabat, cendekiawan, dan pengamat dari Rusia serta dunia Islam untuk membahas mengenai isu-isu bersama kedua belah pihak. Termasuk dalam upaya meningkatkan kerja sama dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada. 

Baca Juga

Pertemuan itu dilakukan dalam rangka upaya Rusia untuk memperkuat hubungannya dengan dunia Islam. Ini juga merupakan bagian dari inisiatif Arab Saudi untuk dialog antara pemeluk agama dan budaya, karena pemerintah negara itu telah menjadi tuan rumah acara tersebut untuk kedua kalinya setelah pada 2008.

Group of Strategic Vision Rusia-Islamic World dibentuk pada 2006. Saat itu, kelompok ini dipimpin oleh Evgeny Maksimovich Primakov dan Mintimer Sharipovich Shaimiev setelah Federasi Rusia bergabung dengan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) sebagai pengamat.

Dari sana, Group of Strategic Vision Rusia-Islamic World mengadakan pertemuan di Moskow, Kazan, Istanbul, Jeddah, dan Kuwait. Presiden Rusia Vladimir Putin menjadi salah satu yang menyambut acara tersebut dengan hangat dan tak melewatkan kesempatan berpidato di setiap pertemuan. 

Group of Strategic Vision Rusia-Islamic World terdiri dari 33 negarawan dan tokoh masyarakat terkenal dari 27 negara Muslim. Termasuk diantaranya adalah mantan perdana menteri, mantan menteri luar negeri, hingga sejumlah teolog terbesar di Timur Islam dari Indonesia, Maroko, Arab Saudi, Iran, Kuwait, dan banyak lainnya.

Kelompok tersebut saat ini berfokus pada pengembangan langkah-langkah untuk memperkuat kerja sama jangka panjang antara Rusia dan negara-negara Islam. Termasuk dalam upaya mengkoordinasikan langkah-langkah bersama untuk memerangi terorisme internasional dan implementasi praktis dari kemitraan strategis antara Federasi Rusia dan dunia Islam.

Pada 28-30 November 2019, Ufa (Republik Bashkortostan) menjadi tuan rumah edisi tahunan terbaru pertemuan Group of Strategic Vision Rusia-Islamic World yang didedikasikan untuk peringatan 50 tahun OKI. Pertemuan tersebut diadakan dengan tema ‘The Experience of Russia and Member States of the Organization of Islamic Cooperation’ atau Keharmonisan Antaragama: Pengalaman Rusia dan Negara-Negara Anggota Organisasi Kerja Sama Islam.

http://wam.ae/en/details/1395302995236

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini