Senin 22 Nov 2021 14:35 WIB

4 Makanan yang Direkomendasikan Saat Memasuki Usia 50

Makanan tertentu dapat perlambat penuaan bagi orang yang memasuki usia 50 tahun.

Rep: Adysha Citra Ramadani, Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Sayur bayam merupakan salah satu makanan yang kaya nutrisi dan cocok untuk dikonsumsi semua orang dair berbagai kelompok usia, termasuk mereka yang memasuki usia 50.
Foto: www.freepik.com.
Sayur bayam merupakan salah satu makanan yang kaya nutrisi dan cocok untuk dikonsumsi semua orang dair berbagai kelompok usia, termasuk mereka yang memasuki usia 50.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penuaan merupakan sebuah proses alami yang pasti akan dialami oleh setiap orang. Akan tetapi, beberapa faktor seperti polusi, alkohol, stres, kebiasaan merokok, dan pola makan dapat mempercepat proses penuaan ini.

Pola makan yang tinggi akan makanan olahan, gula, dan lemak jenuh dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas. Menurut studi dalam Obesity Reviews, obesitas dapat mempercepat proses penuaan dengan cara memperpendek panjang telomer, bagian paling ujung dari DNA.

Baca Juga

Sebaliknya, penerapan pola makan yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan tubuh sekaligus memperlambat proses penuaan. Tak hanya itu, pola makan yang tepat juga bisa menunda munculnya tanda penuaan dini dan penurunan kognitif terkait usia.

Ada beberapa makanan yang diketahui dapat membantu memperlambat proses penuaan dan kemunculan tanda penuaan ketika seseorang memasuki usia 50 tahun. Berikut ini adalah empat makanan di antaranya, seperti dilansir Times Now News, Senin (22/11).

Sayuran berdaun hijau

Sayur berdaun hijau seperti bayam, kale, dan chard merupakan jenis sayuran yang kaya akan protein, vitamin esensial, kalsium, lemak sehat, antioksidan, dan rendah kalori. Kandungan ini dapat membantu menunjang kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara rutin.

Oleh karena itu, banyak ahli kesehatan merekomendasikan semua orang dari berbagai kelompok usia untuk meningkatkan konsumsi sayuran berdaun hijau. Menurut sebuah studi, konsumsi satu porsi sayuran berdaun hijau setiap hari dapat membantu menunda penurunan kognitif pada orang berusia di atas 50 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement