Selasa 23 Nov 2021 12:20 WIB

Saudi Tampilkan Mural Kaligrafi di Al-Ahsa

Mural kaligrafi ditemukan di jalan pejalan kaki di King Salman Road di Al-Ahsa

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Seniman Saudi Percantik Riyadh dengan Kaligrafi Arab
Foto: Arab News
Seniman Saudi Percantik Riyadh dengan Kaligrafi Arab

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Pihak berwenang Arab Saudi meluncurkan mural besar-besaran di Provinsi Timur Kerajaan, Senin (22/11). Pameran ini berlangsung sebagai bagian dari inisiatif Tahun Kaligrafi Arab nasional.

Dilansir di Arab News, Selasa (23/11), mural ini dibuat seluas 300 meter persegi, di sepanjang jalan pejalan kaki di King Salman Road di Al-Ahsa. Adapun kegiatan tersebut diresmikan oleh walikota setempat, Essam Al-Mulla.

Baca Juga

Tahun Kaligrafi Arab yang diluncurkan oleh Kementerian Kebudayaan bertujuan untuk membantu meningkatkan lanskap perkotaan, melalui karya seni visual dan desainer kaligrafi serta relawan komunitas.

Mural tersebut dibuat bekerja sama dengan Kementerian Kota dan Pedesaan dan Perumahan, yang diwakili oleh Kota Al-Ahsa. Butuh tiga hari untuk menyelesaikan gambaran itu, dengan bantuan lebih dari 80 sukarelawan.

Program ini merupakan bagian dari proyek yang diluncurkan oleh Kementerian Kebudayaan pada Agustus lalu. Adapun tujuan kegiatan adalah membuat mural kaligrafi Arab di 10 wilayah di Kerajaan Saudi. Proyek pembuatan mural kaligrafi itu akan berakhir pada Januari tahun depan bertepatan dengan Tahun Kaligrafi Arab yang diluncurkan Kementerian Kebudayaan Arab Saudi.

Acara pembuatan mural kaligrafi dimulai dari kota Arar di Provinsi Perbatasan Utara selama tiga hari. Setelah itu akan berpindah ke kota Sakaka di Al Jouf disusul kemudian dj Tabuk dan Qassim. Fase pertama pembuatan mural kaligrafi akan berakhir di kota Abha di Asir.

Sementara fase kedua pembuatan mural kaligrafi akan berlangsung pada September. Dengan dimulai dari kota  Al-Baha, Hail, Madinah (AlUla), Al-Ahsa, dan kemudian Jazan.

Nantinya sebuah mural akan digambar di setiap area oleh seorang kaligrafer lokal dan seniman grafiti di ruang terbuka, di mana pengunjung dari berbagai komunitas dapat berpartisipasi dan menyumbangkan gambar dan garis mereka sampai mural selesai. Acara ini bekerja sama dengan Kementerian Kota dan Pedesaan dan Perumahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement