Wapres Harap Muncul Lebih Banyak Santripreneur

Selasa , 23 Nov 2021, 12:22 WIB Reporter :Fauziah Mursid/ Redaktur : Esthi Maharani
Santripreneur Indonesia
Santripreneur Indonesia

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap para santripreneur atau santri yang berwirausaha bisa memberdayakan ekonomi santri atau masyarakat di sekitarnya. Wapres menilai kehadiran para santripreneur penting untuk kemajuan ekonomi pesantren.

 

Terkait

"Saya berharap santripreneur Indonesia menjadi lembaga pemberdaya ekonomi berbasis pesantren yang amanah serta mampu istiqomah dalam mewadahi dan membina para santri," ujar Wapres dalam siaran pers Sekretariat Wakil Presiden saat hadir di acara Penganugerahan Santripreneur Award 2021, Selasa (23/11).

Baca Juga

Karena itu, Wapres ingin agar lebih banyak santripeneur dari pesantren-pesantren. Tak hanya banyak, kata Wapres, santripeneur juga diharapkan memiliki keunggulan.

"Kita ingin membentuk lebih banyak santripreneur tangguh dan unggul, serta senantiasa menjunjung nilai-nilai kepesantrenan dalam menjalankan dedikasinya kepada bangsa," katanya.

Dalam kesempatan itu, Wapres juga menyampaikan selamat kepada santripreneur Indonesia atas terselenggaranya Santripreneur Award 2021. Ia berharap, pandemi Covid-19 tidak menurunkan semangat Santripreneur Indonesia maupun para peserta untuk terus berkarya.

"Para pemenang dan nominator saya ucapkan selamat atas prestasi yang diraih. Jadikan prestasi ini sebagai motivasi untuk terus tumbuh di tengah berbagai tantangan, serta tetap berkontribusi membangun ekonomi negeri," katanya.

Sejalan dengan Wapres, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno, menyampaikan apresiasinya dan berharap acara Penganugerahan Santripreneur Award 2021 tidak berhenti sebagai sebuah kegiatan seremonial saja. Namun, ia menilai harus diikuti dengan semangat dan implementasi untuk memberdayakan para santri di Indonesia.

“Semoga [kegiatan] ini bisa membangkitkan ekonomi kita, memotivasi semangat para santri untuk terus meningkatkan kapasitas dan keterampilan di berbagai bidang terutama kreativitas dan inovasi serta kewirausahaan,” tutur Sandi.

Sebelumnya, Inisiator dan Ketua Dewan Pembina Santripreneur Indonesia Ahmad Sugeng Utomo, melaporkan bahwa acara Penganugerahan Santripreneur Award 2021 dapat terwujud atas kolaborasi dari berbagai pihak. Ia pun berharap, agar acara penganugerahan yang telah berlangsung selama 7 tahun ini dapat membawa dampak signifikan bagi kesejahteraan santri dan masyarakat di sekitarnya.

“Harapan ini tentunya tidak akan pernah bisa terlaksana tanpa kesediaan saudara-saudaraku semua untuk bersama-sama bergandengan tangan membangun para pejuang ekonomi bangsa Indonesia sehingga kita mejadi negara yang kuat dalam ekonomi. Negara yang kuat dalam ekonominya tentu akan membawa dampak yang sangat signifikan bagi kesejahteraan masyarakatnya,” katanya.

Dalam penganugerahan Santripreneur Award 2021, terdapat 12 nominator dari 3 kategori yaitu kategori kuliner, kategoti Kreatif, dan kategori Industri Perdagangan dan Jasa.

Adapun tiga nama pemenang dari masing-masing kategori adalah:

1. Sdr. Sahrul dari Bunda Syifa Keripik untuk kategori Kuliner.

2. Sdr. Zainul Arifin untuk kategori Kreatif.

3. Sdr. M. Hafid Rosidin dari PT. Berkah Inovasi Kreatif Indonesia untuk kategori Industri Perdagangan dan Jasa.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini