Rabu 24 Nov 2021 05:15 WIB

Majelis Taklim XL Beri Fasilitas Air Siap Minum ke 5 Masjid

Majelis Taklim XL memberikan bantuan fasilitas air siap minum

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Esthi Maharani
Majelis Taklim XL Axiata (MTXL) / Ilustrasi
Foto: Dok: IZI
Majelis Taklim XL Axiata (MTXL) / Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, BANDUNG -- Karyawan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui Majelis Taklim (MTXL), memberikan bantuan fasilitas air siap minum. Menurut Head Bid Management dan Business Intelligence XL Axiata sekaligus Ketua MTXL, Yanuar Tirta Kumaya, program bantuan fasilitas air siap minum ini diberikan melihat tingginya kebutuhan terhadap air siap minum di berbagai daerah.

"MTXL secara bertahap menyalurkan bantuan berupa mesin Water Station dengan teknologi reverse osmosis (RO)," ujar Yanuar dalam siaran persnya, Selasa (23/11).

Dari sistem RO ini, kata dia, menghasilkan penyaringan air dengan daya saring tinggi yang tidak hanya mampu menjernihkan air tetapi juga menyaring molekul besar sehingga menghasilkan air yang aman dikonsumsi.

 

 

Untuk tahap awal, kata dia, pendistribusian Water Station ini dilakukan di lima masjid yang tersebar di Kota Bandung dan sekitarnya. Bekerja sama dengan Yayasan WIN Inovasi Nusantara Bandung, bantuan akan disalurkan ke Masjid Daarut Tauhid, Masjid Besar Cipaganti, Masjid Al Murobbi, Masjid Al Manar, dan Masjid Al Miraj KM 97.

 

Keberadaan Water Station ini, kata dia, diharapkan mampu menjadi solusi bagi Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dalam memastikan ketersediaan air minum kepada masyarakat. Khususnya, jamaah dan para pencari nafkah di sekitar masjid seperti pengemudi ojek pangkalan, ojek online, hingga pedagang kaki lima.

 

Donasi ini, kata dia, bersumber dari infaq para karyawan yang dikelola oleh Majelis Taklim XL Axiata (MTXL), dengan adanya mesin filtrasi ini diharapkan dapat menjadi solusi atas kebutuhan masyarakat sekitar dalam mendapatkan suplai air minum gratis tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Selain itu, donasi ini juga diharapkan mampu meringankan beban biaya dan operasional DKM dalam penyediaan air minum.

 

Selain memberikan bantuan air minum, kata dia, MTXL juga ikut serta menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana banjir di sejumlah daerah. Bantuan kemanusiaan ini telah disalurkan ke Batu Jawa Timur dan menyusul ke Sanggau, Kalimantan Barat. Seluruh bantuan ini mulai disalurkan secara bertahap sejak awal November 2021.

 

“Sebagai bagian dari keluarga besar XL Axiata, MTXL terus berkomitmen untuk turut hadir di tengah masyarakat, khususnya dalam menghadapi berbagai permasalahan sosial dan bencana. Melalui MTXL, karyawan berinisiatif untuk sesegera mungkin menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan," paparnya.

 

Bantuan yang disalurkan, kata dia, terutama berupa sembako dan obat-obatan, serta beberapa bahan kebutuhan darurat, seperti makanan cepat saji, air minum dalam kemasan, dan peralatan mandi. Agar sampai kepada warga secara tepat sasaran, bantuan disalurkan melalui petugas yang berwenang.

 

Di Batu, Jawa Timur bantuan dikirimkan kepada warga Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji. Sedangkan untuk Sanggau, bantuan dari karyawan XL Axiata nantinya akan disalurkan melalui posko warga di Desa Sentana, Kecamatan Kapuas.

Perusahaan, kata dia, memastikan saat ini layanan tetap normal di sebagian besar wilayah terdampak banjir. Tim XL Axiata berupaya keras menjaga kualitas jaringan telekomunikasi dan data di area terdampak bencana, baik dengan memastikan beroperasinya infrastruktur maupun dengan rekayasa jaringan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement