Rabu 24 Nov 2021 08:17 WIB

UNM Gelar Webinar Tren Karier Lulusan Sistem Informasi

Skill dan keterampilan merupakan prioritas utama dalam tren talenta di industri

Universitas Nusa Mandiri (UNM) menyelenggarakan Webinar Tren Karir Lulusan Talenta Digital. Acara digelar secara daring pada Kamis (18/11) lalu, pukul 09.00-12.00 WIB.
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Universitas Nusa Mandiri (UNM) menyelenggarakan Webinar Tren Karir Lulusan Talenta Digital. Acara digelar secara daring pada Kamis (18/11) lalu, pukul 09.00-12.00 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program Studi (prodi) Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) menyelenggarakan Webinar Tren Karir Lulusan Talenta Digital. Acara digelar secara daring pada Kamis (18/11) lalu, pukul 09.00-12.00 WIB. Narasumber yang hadir yaitu Adi Sumanto, Cto & Co-Founder dmenu.id dan alumni UNM serta Sukmawati Anggraeni Putri, ketua prodi (kaprodi) Sistem Informasi UNM.

Adi Sumanto mengatakan, skill dan keterampilan merupakan prioritas utama dalam tren talenta di industri saat ini. Ia memaparkan, apa saja skill yang populer di era teknologi 4.0.

Baca Juga

“Tren teknologi 4.0 saat ini yaitu cloud computing, artificial intelligence, cyber security, digital business dan big data analyst. Maka dari itu talenta digital sangat dibutuhkan saat ini,” ujarnya dalam menyampaikan materi webinar.

Ia pun membagi tips, agar menjadi talenta digital plus mampu kembangkan mindset keterbukaan, kembangkan kemampuan soft skill, pertajam ilmu enterpreneurship, serta belajar dan terus belajar.

“Kuasai skill yang dibutuhkan untuk mengembangkan diri menjadi talenta digital yakni soft skill, seperti skill komunikasi, kolaborasi, problem solving, decision making, planning, organizing, time management dan adaptability. Dan untuk hard skill seperti programming language, technical tools dan lain sebagainya,” paparnya.

Sementara itu, Sukmawati Anggraeni Putri, ketua prodi Sistem Informasi menyampaikan, Cloud Computing, Data and AI, Engineering, Product Development menjadi bidang pekerjaan di masa depan yang banyak membutuhkan SDM di bidang talenta digital.

“Mahasiswa lulusan prodi Sistem Informasi sangat perlu untuk menguasai hard skill dan soft skill yang dibutuhkan dalam karier talenta digital. Prodi Sistem Informasi senantiasa memperbarui dan memperluas wawasan mahasiswa dengan mengadakan berbagai kegiatan, salah satunya dengan webinar,” ungkapnya.

Dengan dilaksanakan webinar ini, imbuhnya, mahasiswa akan semakin terbuka wawasannya tentang karier di bidang talenta digital. “Semoga dengan webinar ini akan menambah wawasan para peserta dan memperluas pengalaman peserta,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement