Rabu 24 Nov 2021 22:15 WIB

Jagalah Amanat Sebaik-Baiknya

Penting bagi seorang Muslim untuk menjaga amanat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
menjaga amanat/ilustrasi
Foto: amazonaws.com
menjaga amanat/ilustrasi

IHRAM.CO.ID, Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman; 

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّوا الْأَمَانَاتِ إِلَىٰ أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ أَنْ تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ ۚ إِنَّ اللَّهَ نِعِمَّا يَعِظُكُمْ بِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ سَمِيعًا بَصِيرًا

Baca Juga

Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (Alquran surat An Nisa ayat 58). 

Contohnya bila Anda diberikan amanat untuk menyalurkan bantuan kebutuhan pokok bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, maka segera tunaikan amanat itu dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai secuil pun Anda melakukan korupsi terhadap bantuan itu. 

Sementara itu bila ada orang lain berkhianat terhadap Anda, maka janganlah membalasnya dengan berkhianat. Melainkan doakanlah ia agar bertaubat dan menjadi orang yang menepati janji dan menjaga amanat.Rasulullah ﷺ bersabda:

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : أَدِّالْأَمَانَةَ إِلَى مَنِ ائْتَمَنَكَ وَلَا تَخُنْ مَنْ خَانَكَ.

Rasulullah ﷺ bersabda : Sampaikanlah amanat kepada orang yang telah mengamanatkannya kepada kamu, dan jangan kamu berkhianat kepada orang yang mengkhianatimu. (Kasyful Ghummah, hlm. 22, jilid 2).

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement