Putin Ikuti Uji Vaksin Covid-19 Eksperimental

Kamis , 25 Nov 2021, 17:45 WIB Reporter :Rizky Suryandika/ Redaktur : Agung Sasongko
 Presiden Rusia Vladimir Putin, selama pertemuan di kediaman Novo-Ogaryovo di luar Moskow, Rusia, Rabu, 17 November 2021.
Presiden Rusia Vladimir Putin, selama pertemuan di kediaman Novo-Ogaryovo di luar Moskow, Rusia, Rabu, 17 November 2021.

IHRAM.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin telah menerima vaksin eksperimental melalui hidung untuk melawan virus corona setelah menerima suntikan booster. Langkah Putin dilakukan saat Rusia menghadapi lonjakan infeksi Covid-19 dan kematian terburuk sejak pandemi dimulai. 

 

Terkait

Putin divaksinasi dengan Sputnik V yang merupakan vaksin Covid-19 hasil pengembangan dalam negeri Rusia, pada musim semi lalu. Lalu Putin mengatakan sudah menerima booster dari Sputnik Light atau versi satu dosis dari suntikan itu.

Baca Juga

"Tepat enam bulan setelah vaksinasi, antibodi saya telah turun, dan spesialis merekomendasikan prosedur vaksinasi ulang, yang saya lakukan," kata Putin dilansir dari AP pada Kamis (25/11).

Putin mengambil bagian dalam pengujian versi hidung dari Sputnik V sebagai bentuk kesadaran diri. Putin mengaku tidak mengalami efek samping setelah menerima vaksin lewat hidung. 

Dalam beberapa pekan terakhir, Rusia dilanda lonjakan COVID-19 tertinggi yang pernah ada. Pemerintah Rusia secara teratur mencatat jumlah infeksi dan kematian baru yang tertinggi. Lonjakan itu terjadi di tengah tingkat vaksinasi yang rendah dan sikap masyarakat yang lemah dalam mengambil tindakan pencegahan.