Muwakif Milenial Alami Pertumbuhan

Kamis , 25 Nov 2021, 21:47 WIB Reporter :Rossi Handayani/ Redaktur : Agung Sasongko
Ilustrasi Wakaf
Ilustrasi Wakaf

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Direktur Program Rumah Zakat (RZ), Murni Alit Baginda mengatakan, wakif dari kalangan milenial alami pertumbuhan dengan prosentase mencapai lebih dari 50 persen.

 

Terkait

"Betul donasi wakaf kami juga tumbuh dengan keterlibatan muwakif milenial. Dengan komposisi 58 persen dari total muwakif tahun ini," kata Murni pada Kamis (25/11).

Baca Juga

Rumah Zakat memiliki sejumlah program wakaf, di antaranya wakaf produktif, masjid, wakaf sumber air dan wakaf untuk ibu. Murni mengatakan, pertumbuhan wakif milenial disebabkan karena tersedianya channel pembayaran wakaf.

"Kondisi milenial ini bertambah signifikan dalam analisis kami karena kemudahan (channel) dalam berdonasi, seperti donasi online, kegiatan sosialisasi melalui sosmed, tiktok dan event gelombang wakaf yang mengangkat tema dan issue kekinian," ucap Murni.

Berdasarkan data dari Forum Wakaf Produktif, profil donatur wakaf hingga saat ini mengalami perluasan yang positif. Berdasarkan rentang usia, profil donatur kalangan milenial (24 tahun-35 tahun) mendominasi sebesar 48 persen.