Jumat 26 Nov 2021 00:40 WIB

Tips Mencapai Istithaah Selama Masa Tunggu Haji

Calon jamaah haji perlu meningkatkan kesehatannya selama masa tunggu haji.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Masa tunggu haji (ilustrasi)
Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika
Masa tunggu haji (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Calon jamaah haji perlu meningkatkan kesehatannya selama periode masa tunggu haji, sehingga bisa mencapai status istithaah pada saat keberangkatan. Bahkan, calon jamaah haji disarankan untuk menjaga istithaahnya sejak jauh hari.

Seorang Dokter Spesialis Fisik dan Rehabilitasi di Jakarta, dr Syarief Hasan Lutfie memberikan tips bagi calon jamaah haji untuk mencapai status istithaah selama masa tunggu haji. “Tipsnya adalah mereka harus tertib dan disiplin melakukan pemeliharaan kesehatannya dengan cara rutin kontrol terkait dengan penyakit-penyakit yang ada,” ujar dr Syarif kepada Republika.co.id, Kamis (25/11).

Baca Juga

Selain itu, menurut dia, calon jamaah haji juga bisa mengikuti program pembinaan dengan resep yang diberikan oleh dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi (Sp.KFR). “Sehingga untuk jadwal pelatihannya mereka mempunyai target jangka pendek atau jangka menengah untuk dapat melakukan perjalanan hajinya secara berkualitas,” ucapnya.

Pada Selasa (23/11) lalu, dr Syarief juga sempat menjadi pembicara dalam acara Simposium bertema "Penguatan Peran Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi di Rumah Sakit dalam Rangka Mengantisipasi Lamanya Masa Tunggu Jamaah Haji".

Dalam acara yang digelar secara daring tersebut, dr Syarief memaparkan tentang peran dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi dalam menentukan diagnosa fungsional pada jamaah haji untuk mencapai istithaah.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement