Semakin Banyak Anak Muda yang Berwakaf

Jumat , 26 Nov 2021, 04:31 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Agung Sasongko
Ilustrasi Wakaf / Wakaf Produktif
Ilustrasi Wakaf / Wakaf Produktif

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Forum wakaf produktif mencatat adanya peningkatan partisipasi generasi milenial dalam gerakan wakaf. Ketua Forum Wakaf Produktif, Bobby P Manulang mengungkap waqif di kalangan milenial usia 24 tahun-35 tahun mendominasi sebesar 48 persen.

 

Terkait

Menurutnya hal itu karena  banyak lembaga filantropi menyediakan layanan transaksi donasi yg digitalized, mudah digunakan dan gampang diakses. Ini juga menjadi faktor kunci meningkatnya partisipasi donasi sebagian masyarakat. 

Baca Juga

"Ada sebuah fenomena cukup menggembirakan, di mana anak-anak muda, milenial sekarang menjadi segmen yang sangat signifikan menjadi donatur Wakaf. Mereka merasa wakaf sudah mulai sesuai dengan selera mereka, yang saat ini hadir sebagai solusi atas masalah-masalah kemanusiaan," kata kepada Republika,co.id pada Kamis (25/11). 

Secara umum penghimpunan wakaf pada tahun mini memang masih mengalami penurunan. Menurutnya hal ini karena  tingkat aktivitas ekonomi masyarakat yang juga menurun akibat pandemi. Tingkat pengeluaran masyarakat yang menurun menurut Bobby juga berdampak pada turunnya kemampuan untuk kegiatan alam.

Meski demikian, Bobby mencatat sejumlah lembaga filantropi mengalami peningkatan signifikan. Semisal Dompet Dhuafa yang mencatatkan perolehan 85 persem dibanding tahun sebelumnya. Menurut Bobby hal ity karena kepercayaan masyarakat yang semakin kuat kepada lembaga filantropi. 

"Karena publik melihat betul bagaimana peran lembaga-lembaga sosial dalam penanggulangan bencana dan pandemi. Secara emosional, kedermawanan masyarakat terpantik dan akhirnya mendorong untuk berdonasi," kata Bobby.