Jumat 26 Nov 2021 14:44 WIB

Perempuan Afghanistan Bermata Hijau Dievakuasi ke Italia

Wanita Afghanistan bermata hijau Sharbat Gulla pernah jadi model majalah Natgeo

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
Wanita Afghanistan bermata hijau Sharbat Gulla pernah jadi model majalah Natgeo. Ilustrasi.
Foto: ap/Jose Luis Magana/FR159526 AP
Wanita Afghanistan bermata hijau Sharbat Gulla pernah jadi model majalah Natgeo. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA (AP) - Pemerintah Italia mengumumkan pada Kamis (25/11), sosok perempuan bermata hijau Sharbat Gulla yang menjadi model sampul majalah National Geographic (Natgeo) telah tiba di Italia. Dia tiba sebagai bagian dari evakuasi Barat terhadap warga Afghanistan.

Kantor Perdana Menteri Mario Draghi mengatakan Italia mengatur evakuasi Sharbat Gulla setelah dia meminta bantuan untuk meninggalkan negara itu. Pemerintah Italia sekarang akan membantu membuatnya terintegrasi ke dalam kehidupan di Italia.

Baca Juga

Dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan kedatangan Gulla di Roma, kantor Draghi mengatakan fotonya datang untuk melambangkan perubahan dan konflik dalam bagian sejarah yang dialami Afghanistan dan rakyatnya pada saat itu. Roma pun telah menerima permintaan orang-orang di masyarakat sipil dan khususnya oleh organisasi nirlaba yang bekerja di Afghanistan mendukung permohonan Gulla untuk membantu meninggalkan negara itu.

Gulla mendapatkan ketenaran internasional pada 1984 sebagai seorang gadis pengungsi Afghanistan setelah foto fotografer perang Steve McCurry tentang dirinya, dengan mata hijau yang tajam, diterbitkan di sampul National Geographic. McCurry menemukannya lagi pada 2002.

Pada 2014, Gulla muncul di Pakistan tetapi bersembunyi ketika pihak berwenang menuduhnya membeli kartu identitas Pakistan palsu dan memerintahkannya untuk dideportasi. Dia diterbangkan ke Kabul dengan presiden menyelenggarakan resepsi untuknya di istana presiden dan menyerahkan kunci apartemen barunya.

Italia adalah salah satu dari beberapa negara Barat yang menerbangkan ratusan warga Afghanistan keluar dari Afghanistan setelah kepergian pasukan Amerika Serikat (AS) dan pengambilalihan Taliban pada Agustus.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement