Kemenag: OASE PTKI 2021 Ukur Capaian Pembelajaran Mahasiswa

Sabtu , 27 Nov 2021, 19:16 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Gedung Kemenag
Gedung Kemenag

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) mengharapkan kegiatan Olimpiade Agama, Sains dan Riset (OASE) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) tahun 2021 dapat mengukur pencapaian pembelajaran dan kualitas mahasiswa.

 

Terkait

"Ini adalah bukti nyata dari karya mahasiswa kita terhadap banyak hal dalam konteks kekinian seperti robotika, Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Ini bisa kita lihat sebagai karya mahasiswa kita," ujar Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani saat mengunjungi booth pameran OASE PTKI 2021 di UIN Ar Raniry, Banda Aceh, Sabtu (27/11).

Baca Juga

Menurutnya, OASE PTKI 2021 ini merupakan hilirisasi dari ilmu pengetahuan yang dipelajari para mahasiswa PTKI di seluruh Indonesia."Forum ini adalah forum bertukar pikiran membangun gagasan bersama untuk merealisasikan sesuatu hal yang secara teoritik pada dunia yang lebih nyata," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry, Banda Aceh, Saifullah Idris meminta seluruh peserta Grand Final OASE PTKI 2021 menjaga sportivitas dan semangat persaudaraan.Ia menyampaikan OASE PTKI tahun ini adalah yang pertama dalam sejarah dan UIN Ar Raniry ditunjuk sebagai tuan rumah.

Maka itu, yang menjadi prioritas adalah meletakkan dasar-dasar OASE untuk ajang selanjutnya.Kepala Seksi Kemahasiswaan Subdit Sarana-Prasarana dan Kemahasiswaan Ditjen Pendis Kemenag, Amiruddin Kuba mengapresiasi sikap tuan rumah yang lebih memprioritaskan kualitas penyelenggaraan daripada mengejar gelar juara.

"Ini adalah sebuah sikap yang mencerminkan tanggung jawab dan visi jauh ke depan," katanya di area kompetisi offline Karya Inovasi di Gedung Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar Raniry.