Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rozak Al-Maftuhin

5 Cara Mengatur Pola Keuangan Rumah Tangga

Gaya Hidup | Wednesday, 01 Dec 2021, 05:44 WIB

Masalah keuangan tidak akan pernah bisa lepas dari kehidupan berumah tangga. Oleh karena itu, mengatur keuangan rumah tangga bukan suatu hal yang mudah. Kita memerlukan cara mengatur rumah tangga yang benar supaya kebutuhan keluarga dapat terpenuhi semuanya.

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi pola keuangan rumah tangga, mulai dari kebutuhan wajib hingga keinginan yang bersifat tambahan atau sebagai hiburan. Untuk mengatur keuangan, tidak bisa hanya satu pihak saja, karena suami dan istri mempunyai peran yang sama-sama penting.

Apabila kita melakukan kesalahan dalam mengatur keuangan rumah tangga, akan berakibat buruk dan bisa saja mengganggu keharmonisan keluarga. Berikut ini beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga yang bisa kita terapkan. Simak baik-baik, ya!

Source: orami.com

Memahami Kebutuhan dan Keinginan

Pertama, kita perlu memahami apa kebutuhan dan keinginan. Ketika sudah berumah tangga, pasti ada kebutuhan-kebutuhan yang wajib kita penuhi, seperti kebutuhan pokok hingga alokasi pendidikan apabila telah memiliki anak. Dalam hal ini komunikasi sangat diutamakan. Untuk itu, kita bisa belajar pola komunikasi efektif salah satunya melalui aplikasi siap kerja.

Pada kenyataannya keuangan rumah tangga tidak hanya kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan wajib, melainkan juga menggunakannya untuk berbelanja barang atas dasar keinginan semata. Sebab, jika terlalu menghabiskan uang untuk membeli sesuatu yang berdasar keinginan, hanya akan mengurangi jatah yang telah kita anggarkan untuk membeli kebutuhan pokok rumah tangga.

Sehingga, pahami betul perbedaan kebutuhan dan keinginan. Sebaiknya, penuhi dulu kebutuhan rumah tangga, baru setelah itu alokasikan keungan untuk keinginan pribadi.

Menghitung pendapatan secara keseluruhan

Agar dapat mengatur pola keuangan rumah tangga secara efektif, kita perlu menghitung seluruh pendapatan yang masuk selama satu bulan. Pendapatan di sini bukan hanya dari gaji bulanan, tetapi juga termasuk insentif lembur hingga keuntungan dari investasi.

Hal ini penting untuk kita lakukan, agar bisa membagi penghasilan ke masing-masing kebutuhan rumah tangga yang harus kita penuhi dan mempermudah kita untuk mengatur keuangan rumah tangga.

Membuat daftar pengeluaran prioritas

Selanjutnya, kita perlu membuat daftar pengeluaran prioritas selama satu bulan. Dengan membuat daftar prioritas setiap bulannya, alokasi serta pengeluaran dana rumah tangga kita akan jauh lebih tertata.

Pengeluaran rumah tangga yang masuk ke dalam daftar prioritas di antaranya, biaya makan sehari-hari, belanja keperluan dapur, tagihan-tagihan, pendidikan anak, cicilan rumah, dan sebagainya.

Mempersiapkan dana darurat

Dalam menjalani kehidupan rumah tangga, ada kalanya terjadi suatu hal yang tiba-tiba dan di luar dari rencana yang telah kita siapkan. Untuk mengantisipasinya, kita perlu mengatur pola keuangan rumah tangga dengan menyiapkan dana darurat.

Contoh hal yang sering terjadi antara lain kecelakaan, bencana alam, PHK, hingga krisis ekonomi berskala besar. Apabila salah satu dari peristiwa di atas terjadi pada kita, sumber penghasilan rumah tangga juga akan terkena dampaknya. Saat itulah manfaat dari memiliki anggaran dana darurat bisa kita rasakan.

Oleh karena itu, penting sekali untuk mulai mempersiapkan dana darurat. Caranya, selain kita menganggarkan untuk memenuhi kebutuhan pokok, sisihkan juga sebagian dari penghasilan kita dan pasangan setiap bulannya untuk dana darurat tersebut.

Jaga rasio utang

Sebenarnya, yang paling baik adalah menghindari utang. Karena, tagihan dan kewajiban membayar utang bisa menjadi beban bagi kita dan membuat keuangan rumah tangga juga terkena imbasnya. Namun, beberapa faktor yang akhirnya membuat kita mau tidak mau harus berutang.

Jika terpaksa berutang, gunakan untuk kebutuhan pokok namun tidak dapat kita penuhi dalam waktu dekat. Misalkan, cicilan rumah. Di luar hal itu, sebaiknya kita menghindari hutang agar nantinya tidak menimbulkan suatu masalah di kemudian hari.

Itu dia beberapa cara mengatur pola keuangan rumah tangga yang bisa kita terapkan dalam kehidupan berumah tangga bersama pasangan. Selain perihal keuangan, kita pun perlu belajar banyak tentang bagaimana membentuk rumah tangga harmonis. Nah, Popmama Parenting Academy 2021 bisa menjadi referensi terbaik. Semoga bermanfaat!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image