Rabu 01 Dec 2021 09:56 WIB

GACA: Penangguhan Penerbangan Langsung 6 Negara Dicabut

Enam negara itu bisa memberangkatkan jamaah umroh maupun pelancong ke Saudi

Rep: Zahrotul Oktaviani / Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Saudi Arabian Airlines
Foto: saudigazette
Saudi Arabian Airlines

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Otoritas Umum Penerbangan Sipil (GACA) membenarkan penangguhan penerbangan langsung ke Arab Saudi dari enam negara dicabut hari ini, Rabu (1/12). Ketentuan ini mulai berjalan pukul 01.00 dini hari.

Adapun enam negara yang kini bisa memberangkatkan jamaah umroh maupun pelancongnya adalah, Republik Indonesia, Republik Islam Pakistan, Republik Federal Brasil, Republik Sosialis Vietnam, Republik Arab Mesir dan Republik India.

Baca Juga

Dilansir di Riyadh Daily, Rabu (1/12), pelancong dan peziarah dari enam negara ini bisa langsung masuk Kerajaan Saudi tanpa harus menghabiskan 14 hari di luar negara-negara tersebut, sebelum memasuki Kerajaan.

Meski penangguhan telah dicabut, GACA menekankan kepada semua maskapai penerbangan tentang pentingnya menerapkan prosedur kedatangan. Salah satu yang harus dipenuhi adalah mampu menunjukkan sertifikat PCR yang valid, 72 jam sebelum penerbangan.

 

Tak hanya itu, setiap penumpang sudah harus mendaftar di platform Qdoom. Penerapan prosedur karantina institusional dilakukan dengan jangka waktu 5 hari, terlepas dari status imunisasi di luar Kerajaan.

Terakhir, GACA mengingatkan akan kepatuhan pengambilan swab medis pada hari pertama dan kelima karantina institusional. Otoritas penerbangan ini juga menegaskan komitmennya dalam pelaksanaan semua tindakan pencegahan yang diadopsi di Kerajaan Arab Saudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement