Kamis 02 Dec 2021 10:32 WIB

Latihan Gabungan AL Rusia-ASEAN Pertama Dimulai di Indonesia

Rusia mengirim kapal perang antikapal selam Laksamana Panteleyev ke perairan Sumatra.

Kapal perang antikapal selam Laksamana Panteleyev mengikuti latihan di perairan Sumatra bagian utara.
Foto: Dok TASS
Kapal perang antikapal selam Laksamana Panteleyev mengikuti latihan di perairan Sumatra bagian utara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Angkatan Laut (AL) Rusia dan ASEAN menggelar latihan bersama di perairan teritorial Indonesia, tepatnya di lepas pantai Belawan, Provinsi Sumatra Utara. Latihan tersebut berlangsung pada 1 hingga 3 Desember 2021.

Upacara pembukaan latihan bersama dihadiri oleh Duta Besar (Dubes) Rusia untuk ASEAN Alexander Ivanov dan Dubes Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobyeva. "Latihan itu tentang perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan," kata Ivanov kepada TASS, Rabu (1/12).

Baca Juga

"Kami membuka halaman baru dalam kemitraan strategis kami," ucap Ivanov melanjutkan. Latihan AL Rusia-ASEAN di perairan teritorial Indonesia di lepas pantai Sumatra Utara, diikuti kapal perang antikapal selam Laksamana Panteleyev.

Kapal perang ukuran besar tersebut mewakili Rusia dalam latihan manuver yang berlangsung dua tahap, yaitu berjalan dalam dua tahap, yaitu virtual dan perairan.

Rusia dan ASEAN mengadakan KTT ke-4 mereka melalui konferensi video pada 28 Oktober 2021. KTT bertepatan dengan peringatan 30 tahun hubungan antara Rusia dan asosiasi negara Asia Tenggara yang dirayakan pada 2021.

KTT mengadopsi sejumlah dokumen yang bertujuan untuk lebih mengembangkan kemitraan strategis. Para pemimpin menyetujui keputusan untuk mengadakan manuver AL Rusia-ASEAN yang pertama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement