Kamis 02 Dec 2021 13:01 WIB

Ilhan Omar Desak Kongres Atasi Kebencian terhadap Muslim

Ilhan Omar kembali menerima ancaman pembunuhan sebagai bukti kebencian pada Muslim

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Ilhan Omar menerima ancaman pembunuhan mengerikan yang dikirimkan kepadanya melalui pesan suara.
Foto: AP/Morry Gash
Ilhan Omar menerima ancaman pembunuhan mengerikan yang dikirimkan kepadanya melalui pesan suara.

IHRAM.CO.ID, WASHINGTON — Perwakilan Demokrat Minnesota, Ilhan Omar pada Selasa (30/11) mengatakan kembali menerima ancaman pembunuhan mengerikan yang dikirimkan kepadanya melalui pesan suara. Ia memohon para pemimpin DPR dari Partai Republik untuk berbuat lebih untuk meredam kebencian anti-Muslim di barisan mereka dan menangkap mereka yang harus bertanggungjawab.

Omar, salah satu dari segelintir anggota Kongres Muslim, telah menjadi sasaran serangan berulang-ulang. Salah satunya datang dari Lauren Boebert yang menyebut Omar anggota pasukan jihad dan menyamakannya dengan teroris pembawa bom.

Baca Juga

"Ketika seorang anggota Kongres yang duduk menyebut seorang rekan sebagai anggota 'pasukan jihad' dan memalsukan sebuah cerita yang menyarankan saya untuk meledakkan Capitol, itu bukan hanya serangan terhadap saya tetapi juga terhadap jutaan Muslim Amerika di seluruh negeri,” kata Omar mengatakan saat konferensi pers.

“Kita tidak bisa berpura-pura pidato kebencian dari politisi terkemuka ini tidak memiliki konsekuensi nyata," ungkapnya dilansir dari Religion News Service, Kamis (2/12).

Kemudian Omar memutar pesan suara, yang sarat dengan kata-kata tidak senonoh, julukan rasial, dan ancaman untuk melenyapkannya dari muka bumi ini serta sumpah serapah lainnya.

Pesan itu hanyalah salah satu dari ratusan pesan yang dia laporkan sejak bergabung dengan Kongres. Omar mengatakan pesan suara itu ditinggalkan untuknya setelah Boebert merilis video lain yang menyerangnya.

Omar kemudian menyimpulkan, “Sudah waktunya bagi Partai Republik untuk benar-benar melakukan sesuatu untuk menghadapi kebencian anti-Muslim di jajarannya dan meminta pertanggungjawaban mereka yang melestarikannya," kata dia.

Pernyataan Boebert yang menghasut hanyalah contoh terbaru dari anggota parlemen GOP yang melakukan serangan pribadi terhadap anggota Kongres lainnya, sebuah tren meresahkan yang sebagian besar tidak dikendalikan oleh para pemimpin DPR dari Partai Republik.

Rangkaian peristiwa itu dimulai lebih dari seminggu yang lalu ketika sebuah video yang diposting ke Facebook menunjukkan Boebert berbicara di sebuah acara dan menggambarkan interaksi dengan Omar, interaksi yang menurut Omar tidak pernah terjadi.

Dalam video tersebut, Boebert mengklaim bahwa seorang petugas Polisi Capitol mendekatinya dengan "kecemasan di wajahnya" sesaat sebelum dia naik lift House dan pintunya tertutup.

“Saya melihat ke kiri saya dan itu dia, Ilhan Omar. Dan saya berkata: 'Yah, dia tidak membawa ransel. Kita seharusnya baik-baik saja,'” kata Boebert sambil tertawa.

Komentar Boebert tentang Omar yang tidak mengenakan tas punggung jelas menunjukkan bahwa dia tidak membawa bom bunuh diri. Reaksi terhadap video itu cepat. Omar meminta Ketua DPR Nancy Pelosi dan Pemimpin Minoritas Republik Kevin McCarthy untuk mengambil tindakan yang tepat.

Namun sejauh ini McCarthy yang akan menjadi ketua DPR jika Partai Republik merebut kembali mayoritas tahun depan, telah terbukti enggan untuk mengawasi anggota yang pandangannya sering kali sejalan dengan basis partai.

Pekan lalu, Boebert meminta maaf “kepada siapa pun di komunitas Muslim yang saya sakiti,” tetapi tidak secara langsung kepada Omar.

Namun setelah menolak untuk meminta maaf secara langsung kepada Omar selama percakapan telepon yang menegangkan pada hari Senin, yang diakhiri dengan tiba-tiba oleh Omar, Boebert kembali menyerang.

"Menolak permintaan maaf dan menutup telepon adalah bagian dari budaya pembatalan 101 dan pilar Partai Demokrat," kata Boebert dalam video Instagram.

Sejauh ini, McCarthy berpihak padanya. Ketika ditanya apa yang akan dia lakukan jika Demokrat mencoba mengecam Boebert, McCarthy berkata “Setelah dia meminta maaf secara pribadi dan publik? Saya akan memilih menentangnya.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement