Agama dan Akhlak yang Utama Ketika Melihat Calon Pasangan

Kamis , 02 Dec 2021, 18:45 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Agung Sasongko
Menikah/ilustrasi
Menikah/ilustrasi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --Mencari pasangan hidup memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Perlu kecermatan dalam memilih calon istri atau calon suami agar kelak dalam kehidupan berkeluarga tercipta keharmonisan. 

 

Terkait

Memang ada yang menikah karena melihat pasangannya itu cantik atau tampan. Ini tidak lah sepenuhnya salah, sebab kodrat manusia akan menyukai bila paras pasangannya itu tampan atau cantik sesuai dengan ukurannya masing-masing. Akan tetapi bila ketampanan dan kecantikan menjadi hal yang utama dalam memutuskan untuk menikahi seseorang maka risiko konflik ketika telah berkeluarga akan besar terjadi. 

Baca Juga

Boleh jadi seorang lelaki yang menikahi wanita karena kecantikannya justru setelah menikah cintanya pudar karena rupa istrinya berubah, tidak cantik lagi karena usia atau karena suatu penyakit tertentu. Begitupun sebaliknya, boleh jadi seorang perempuan yang menikah karena ketampanan calon suaminya justru setelah menikah cintanya pudar karena dalam pandangannya suaminya tidak lagi tampan.

Menikah dengan seseorang hanya karena kecantikan atau ketampanan rupa pasangannya juga bisa menimbulkan rasa was-was berlebih. Ia akan merasa khawatir bila pasangannya itu berselingkuh, atau pun digoda oleh orang lain.

Namun ada juga orang yang memutuskan untuk menikah karena melihat pasangannya itu memiliki harta kekayaan yang melimpah. Ini pun sebenarnya tidak sepenuhnya keliru. Sebab bagaimanapun faktor kesejahteraan ekonomi sangat menentukan dalam membangun sebuah keluarga.