Mengenal Pemikir Muslim Fathi Osman

Kamis , 02 Dec 2021, 17:10 WIB Reporter :Imas Damayanti/ Redaktur : Esthi Maharani
(ilustrasi) universitas al-azhar kairo mesir
(ilustrasi) universitas al-azhar kairo mesir

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Mohammad Fathi Osman lahir pada tanggal 17 Maret 1928 di Mesir. Dia dikenal sebagai seorang penulis dan tokoh pemikir Muslim serta sebagai pendidik.

 

Terkait

Arfan Muammar serta Abdul Wahid Hasan Dkk dalam buku Studi Islam Kontemporer Perspektif Insider/Outsider menjelaskan, Fathi Osman lebih lama tinggal di California Selatan. Kegiatannya dicurahkan untuk menulis dan mengajar. Dalam penjelasan lain, Fathi Osman tinggal di Virginia Amerika Serikat dan dia selalu tampil sederhana dengan peci khas Pakistan yang dikenal dengan nama ‘peci Ali Jinah’.

Dalam mengisi kegiatannya, Fathi Osman kerap didampingi sang istri yang tidak memakai jilbab secara kaffah. Yakni jilbab tidak menutup seluruh kepala seperti umumnya dilakukan oleh perempuan Arab. Tetapi jilbab itu lebih seperti kerudung jamaknya perempuan Melayu.

Osman memperoleh gelar sarjananya dalam hubungan Islam-Byzantium di Universitas Kairo Mesir. Dan gelar doktor dalam lembaga-lembaga ekonomi dan keuangan Islam Universitas Pinceton New Jersey. Ia mendapat gelar penghormatan sebagai perintis reformasi pemikiran Islam di bidang nilai-nilai demokrasi dan hak asasi manusia.

Fathi Osman juga merupakan profesor peneliti tamu pada The Center for Muslim-Christian Understanding Georgetown University Washington DC pada 1997. Tempat-tempat mengajarnya termasuk Universitas Southeren California, Universitas Temple, Universitas Princeton, Universitas Imam Muhammad bin Saud, Universitas Al-Azhar Kairo, dan Universitas Oran di Aljazair.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini