Tiga Tipuan Iblis Terhadap Penguasa

Jumat , 03 Dec 2021, 03:19 WIB Reporter :Rossi Handayani/ Redaktur : Agung Sasongko
Kisah Iblis tipu daya penguasa(Ilustrasi)
Kisah Iblis tipu daya penguasa(Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Iblis senantiasa melancarkan tipu dayanya terhadap manusia, termasuk kepada para pemimpin dan penguasa. 

 

Terkait

Dikutip dari buku Talbis Iblis karya Ibnul Jauzi dengan pentahqiq Syaikh Ali Hasan al-Halabi, Ibnul Jauzi berkata, Iblis melancarkan talbisnya kepada pemimpin dan penguasa melalui berbagai sisi. Berikut tiga dari beberapa tipuan yang digencarkan iblis:

Baca Juga

Pertama: Iblis memperlihatkan kepada mereka bahwasanya Allah mencintai mereka. Karena jika tidak, maka tentu Dia tidak menjadikan mereka sebagai penguasa, dan tidak pula menjadikan mereka sebagai wakil-Nya di dalam mengatur hamba-hamba-Nya. 

Menyingkap talbis ini adalah dengan menasihatkan, Jika memang mereka adalah wakil Allah dalam mengatur hamba-hamba-Nya, maka hendaknya mereka menjadikan syariat-Nya sebagai sumber hukum, dan hendaknya mereka berbuat sesuatu yang dapat mendatangkan keridhaan-Nya. Dengan demikian, Allah pasti akan mencintai mereka lantaran mereka mentaati-Nya. 

Adapun ihwal kerajaan dan kekuasaan, Allah pernah memberikan keduanya kepada orang-orang yang dimurkai. Allah Azza wa Jalla pun telah melapangkan dunia ini bagi mereka yang tidak dipedulikan oleh-Nya. Bahkan, Allah juga pernah memberikan kekuasaan bagi sekelompok orang terhadap wali-wali-Nya serta atas orang-orang shalih, sehingga para penguasa itu menindas dan membunuh mereka. Dengan demikian, kekuasaan yang Allah berikan pada mereka tidak lain untuk keburukan mereka, bukan untuk kebaikan mereka. 

Yang demikian termasuk dalam firman Allah: 

...اِنَّمَا نُمْلِيْ لَهُمْ لِيَزْدَادُوْٓا اِثْمًا...

"... Sesungguhnya Kami memberi tangguh kepada mereka, hanyalah supaya bertambah-tambah dosa mereka ...." (QS. Ali Imran ayat 178)