Kamis 02 Dec 2021 22:05 WIB

FSB Rusia Tangkap Tiga Agen Khusus Ukraina

Mereka dituduh kumpulkan informasi tentang fasilitas infrastruktur Rusia.

Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB). Ilustrasi.
Foto: Reuters
Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB). Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Biro Keamanan Federal Rusia (FSB) mengaku telah menahan tiga agen khusus Ukraina, Kamis (2/12). Mereka dituduh berupaya mengumpulkan jejak informasi terkait fasilitas infrastruktur Rusia hingga meledakkan tiang pusat radio Armada Laut Hitam dan menara pusat televisi Krimea.  

Menurut lporan, dua orang agen yang meriupakan seorang ayah dan putranya dituduh mengumpulkan data tentang objek strategis. Sementara satu agen lain merencanakan serangan teroris. FSB mencatat bahwa kegiatan intelijen dan sabotase layanan khusus Ukraina ditekan di tiga wilayah Rusia.

Baca Juga

"Dua agen Dinas Keamanan Ukraina [SSU] ditahan: Zynovyy Koval, lahir pada 1974, dan putranya Igor Koval, lahir pada 1999, yang tiba di Rusia untuk mengumpulkan informasi dan mengambil foto dan video perusahaan pendukung kehidupan yang penting secara strategis dan fasilitas infrastruktur transportasi," kata FSB dalam sebuah pernyataan seperti dikutip laman Sputnik, Kamis.

FSB mengatakan, senjata laras pendek dan otomatis ditemukan di mobil mereka, serta peralatan pelindung pribadi. Kesemua bukti itu kemudian telah dikirim untuk diperiksa.

"Para tahanan mengaku bahwa mereka direkrut oleh seorang karyawan SSU yang menugaskan mereka mengumpulkan informasi tentang objek strategis dengan imbalan 10 ribu dolar AS," tambah pernyataan FSB.

Tahanan ketiga diidentifikasikan sebagai agen Direktorat Intelijen Utama Kementerian Pertahanan Ukraina, Oleksandr Tsylyk. FSB mencatat bahwa agen layanan khusus Ukraina berencana meledakkan tiang pusat radio Armada Laut Hitam dan menara pusat televisi Krimea.

"Atas instruksi pimpinan mereka, mereka berencana meledakkan menara pusat penyiaran radio dan televisi Krimea, pembangkit listrik turbin gas bergerak, gudang bahan bakar dan pelumas dan tiang pusat radio Armada Laut Hitam," kata FSB mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Salah satu agen ditangkap pada Juli, dan kesalahannya telah sepenuhnya terbukti. FSB telah mengetahui bahwa seorang perwira senior Direktorat Intelijen Utama Kementerian Pertahanan Ukraina mengoordinasikan pelatihan dan pengawasan kelompok sabotase yang diarahkan ke wilayah Rusia dari Ukraina. Pada 2016, pihak berwenang Rusia menahan di Krimea anggota kelompok sabotase dan pengintaian, yang terdiri dari empat petugas Direktorat Intelijen Utama.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement