Masjid Megah Milik Pengusaha Travel Haji Nigeria Diresmikan

Jumat , 03 Dec 2021, 21:15 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Masjid megah di Ajegunle di Lagos, Nigeria dibangun pengusaha travel haji
Masjid megah di Ajegunle di Lagos, Nigeria dibangun pengusaha travel haji

IHRAM.CO.ID,  LAGOS – Sebuah masjid pusat senilai 200 juta Naira diresmikan di daerah Ajegunle di Lagos, Nigeria.

 

Terkait

Selain untuk sholat, masjid megah itu juga diperuntukkan sebagai tempat menimba ilmu pengetahuan Islam.

Baca Juga

Kompleks masjid ini dibangun oleh ketua dari sebuah perusahaan haji terkemuka, Al Hujjaj International Travels and Tours, ji Abdul Jeleel Animashaun, untuk mengenang ibunya, Alhaja Nimotallahi Animashaun. 

Masjid yang dibangun sebagai sedekah jariyah itu diresmikan oleh wakil gubernur Negara Bagian Lagos, Dr Obafemi Hamzat, dan mitranya dari Negara Bagian Ogun, Alhaja Naimot Salako Oyedele, dengan dukungan para cendekiawan Islam terkemuka di Barat Daya negara itu. Kompleks masjid berlantai dua ini mampu menampung 200 jamaah. 

"Ini adalah masjid keempat yang saya bangun murni untuk melayani Allah ﷻ, dua di Lekki, satu di Surulere dan sekarang kami berada di sini di Ajegunle, untuk mengenang ibu saya, Alhaja Nimotallahi Animashaun," kata Alhaji Animashaun, dilansir di Tribun Online, Jumat (3/12). 

"Kami akan terus melakukan yang terbaik dalam pelayanan kepada Allah ﷻ dan kami berdoa kepada Allah agar menerimanya sebagai amal ibadah. Amin," tambahnya. 

Sementara itu, Wakil Gubernur Negara Bagian Lagos, Hamzat, menyampaikan ucapan selamat kepada umat Islam karena memiliki tempat ibadah yang megah lainnya.

Dia mengatakan bahwa kompleks masjid tersebut akan membantu melibatkan kaum muda Muslim dalam memperoleh ilmu pengetahuan dari Alquran. Kompleks masjid itu disebutkan juga menampung sebuah sekolah berbahasa Arab dan Islam. 

Wakil Presiden Jenderal (Selatan) Nigerian Supreme Council for Islamic Affairs (NSCIA), Alhaji AbdulRazak Oladejo, dalam sambutannya, menggambarkan masjid itu sebagai pusat kegiatan spiritual dan sosial yang akan menyatukan umat Islam dari berbagai latar belakang dalam beribadah kepada Allah. 

Dia lantas meminta Imam, Syekh Musa Agboola, untuk menggunakan masjid tersebut untuk membina persatuan di antara umat Islam di daerah tersebut. 

"Masjid bukanlah usaha individu, siapa pun yang membangun masjid, melakukannya demi Allah ﷻ dan untuk kepentingan umat," kata Alhaji Oladejo, yang juga presiden Muslim Ummah of South West Nigeria (MUSWEN). 

Cendekiawan Islam terkemuka lainnya yang menyaksikan peresmian termasuk pengkhotbah populer, Syekh  Muhydeen Ajani Bello; Mudir, Markaz Arabic and Islamic Institution, Agege, Syekh  Habeebullah Adam Al-Ilory; Imam Besar Lagos, Syekh Sulaiman Abuo Nolla (diwakili); Imam Besar Badagry, Syekh  Abdul Hakeem Ishola Uwais Akewusola dan Syekh  Abdullah Gbade Akinbode. 

Sementara itu, Syekh Muhydeen Bello menyampaikan ceramah pada acara tersebut. Adapun sholat Jumat dipimpin oleh Syekh Habeebullah Adam Al-Ilory.  

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini