Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ANNA KHAIRUN NISA

Pentingkah Seorang Muslim Paham Bahasa Arab?

Agama | Thursday, 02 Dec 2021, 10:49 WIB

Masih banyak muslim yang meremehkan bahasa Arab dan menganggap bahwa bahasa Arab hanyalah bahasa sehari-hari orang Arab, sehingga mereka (non Arab) kurang berminat untuk mengenal dan mempelajari bahasa Arab. Semangat mereka lebih menggebu-gebu ketika mempelajari dan memperdalam bahasa asing lainnya ketimbang bahasa Arab, padahal bahasa Arab merupakan bahasa yang tidak bisa dipisahkan dari Islam.

Mengapa demikian?

Karena bahasa Arab merupakan bahasa Al Qur'an dan Sunnah, pedoman bagi umat Islam. Inilah alasan terbesar mengapa umat muslim harus mempelajari bahasa Arab. Tanpa paham bahasa Arab akan terasa sulit untuk memahami makna-makna Al Qur'an, menghafal ayat-ayatnya, bahkan mengamalkan isinya. Dalam firman-Nya pula disebutkan bahwa Allah memudahkan seseorang dalam memahami Al Qur'an dengan bahasa Arab.

﴾ فَإِنَّمَا يَسَّرْنٰهُ بِلِسَانِكَ لِتُبَشّرَ بِهِ المُتَّقِيْنَ وَ تُنْذِرَ بِهِ قَوْمًا لُدًّا ﴿

"Maka sungguh, telah Kami mudahkan (Al-Qur'an) itu dengan bahasamu (Muhammad), agar dengan itu engkau dapat memberi kabar gembira kepada orang-orang yang bertakwa, dan agar engkau dapat memberi peringatan kepada kaum yang membangkang." (Qs. Maryam:97)

Bahasa Arab juga merupakan wasilah untuk memahami ilmu syari'at Islam karena pengambilan ilmu-ilmu tersebut dari Al-Qur'an dan Al-Sunnah, yang mana tidak akan bisa dipahami dengan baik kecuali dengan bahasa Arab. Imam As Syatibi rahimahullah mengatakan: " Sesungguhnya syari'at Islam adalah bahasa Arab".

Selain itu bahasa Arab juga membantu umat muslim dalam melafalkan syahadat serta memahami artinya, melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an, dan dzikir-dzikir yang wajib, contohnya dzikir-dzikir dalam shalat waktu yang hukumnya wajib. Dengan paham bahasa Arab, shalat akan terasa lebih khusyuk. Maka pentingnya dalam mempelajari bahasa Arab untuk keselamatan dunia dan akhirat.

Dengan demikian sudah jelas bahwa bahasa Arab sangat penting bagi umat muslim, dan sudah seharusnya seorang muslim menomorsatukan bahasa Arab, mendahulukannya atas bahasa-bahasa lain untuk dipelajari, dipahami, dan diamalkan. Tak lupa pula untuk meyakini bahwa bahasa Arab merupakan sebaik-baiknya bahasa. Karena bahasa Arab merupakan ilmu dan kunci dalam memahami agama Islam, dan mempelajarinya juga sama saja mengembalikan kemuliaan Islam.

Maka bersemangatlah dalam mempelajari bahasa Arab, semoga Allah Ta'ala selalu memberikan kemudahan. Aamiin.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image