Muslimah Kulit Hitam Ingin Cetak Sejarah

Sabtu , 04 Dec 2021, 16:04 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Esthi Maharani
Zaynab Mohamed mengatakan bahwa ia telah mengumumkan rencananya untuk mencalonkan diri sebagai Senat Negara Bagian Minnesota.
Zaynab Mohamed mengatakan bahwa ia telah mengumumkan rencananya untuk mencalonkan diri sebagai Senat Negara Bagian Minnesota.

IHRAM.CO.ID, SAINT PAUL -- Seorang wanita Muslim berusia 24 tahun di Amerika Serikat (AS) berupaya mencetak sejarah sebagai wanita kulit hitam dan termuda pertama yang terpilih menjadi anggota Senat Minnesota. Zaynab Mohamed mengatakan bahwa ia telah mengumumkan rencananya untuk mencalonkan diri sebagai Senat Negara Bagian Minnesota.

 

Terkait

"Saya telah berjalan di aula Senat selama satu setengah tahun terakhir melobi untuk rancangan undang-undang, dan saya tidak pernah melihat diri saya di sana. Tidak ada satu pun wanita kulit hitam. Kami tidak memiliki perwakilan di Senat," kata Zaynab Mohamed kepada Sahan Journal sebelum pengumuman kampanyenya, dilansir di laman About Islam, Sabtu (4/12).

Zaynab Mohamed merupakan seorang advokat komunitas di Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) cabang Minnesota. Ia mencalonkan diri untuk menggantikan Senator negara bagian Patricia Torres Ray yang sudah pensiun.

Sebelumnya Ray membuat sejarah pada 2006 sebagai orang Latin pertama yang melayani di Senat Minnesota. Zaynab menerima dukungan pertamanya dari seorang pejabat terpilih pada Rabu (1/12) lalu dari Robin Wonsley Worlobah, seorang Sosialis Demokrat dan perwakilan Dewan Kota Minneapolis yang baru masuk di Ward 2.

"Saya sangat gembira untuk mendukungnya menjadi wanita kulit hitam, Muslim, dan Senator Negara Bagian Sosialis pertama di Minnesota," kata Wonsley Worlobah dalam sebuah cuitan di Twitter.

Zaynab menggambarkan keputusan untuk mencalonkan diri ini sebagai keputusan yang sulit. Ia mengatakan, setelah melakukan banyak percakapan dengan teman, keluarga, Torres Ray, dan orang lain di komunitas penyelenggara, dia merasa mencalonkan diri itu adalah kebutuhan.

"Orang-orang menelepon dan mengatakan 'Saya pikir Anda harus mencalonkan diri untuk kursi ini'," kata Zaynab.

"Saya mendapatkan pesan di Twitter dari seseorang yang belum pernah saya temui dan mengatakan: 'Saya telah tinggal di Distrik Senat 63 selama lebih dari 26 tahun dan saya pikir Anda harus mencalonkan diri'," tambahnya.

Distrik Senat 63 ini mencakup lingkungan Minneapolis selatan seperti Longfellow, Howe, Minnehaha, dan sebagian Nokomis. Distrik ini juga mencakup Minneapolis–St. Bandara Paul dan bagian timur laut Richfield.

Sebelumnya, Muslim AS juga merayakan kemenangan bersejarah dalam pemilihan pada November lalu. Di Michigan, tiga walikota Muslim telah terpilih di samping dewan kota yang semuanya Muslim di Hamtramck.

Sementara itu, dua remaja Muslim juga membuat sejarah di Connecticut pada  November lalu setelah memenangkan pemilihan mereka masing-masing untuk Dewan Pendidikan Hamden dan Dewan Kota Hamden.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini