Mengenal 7 Bendera Negara Timur Tengah

Senin , 06 Dec 2021, 14:46 WIB Reporter :Puti Almas / Mabruroh/ Redaktur : Esthi Maharani
Bendera Lebanon
Bendera Lebanon

IHRAM.CO.ID, Bendera dikenal menjadi simbol kebangsaan dan kedaulatan suatu negara. Dalam dua abad terakhir, munculnya nasionalisme menjadi suatu simbolisme yang sakral terkait properti ini.

 

Terkait

Di Timur Tengah, sejumlah negara memiliki bendera yang membawa simbolisme tertentu. Bahkan, ini disebut mengandung cerita nasional yang sangat penting, yang diantaranya melibatkan pengorbanan besar.

Baca Juga

Berikut tujuh bendera dari negara Timur Tengah yang memiliki makna simbolisme berarti tersebut :

1. Lebanon

Bendera Lebanon memuat gambar pohon cedar hijau yang menonjol di tengah pita putih yang memisahkan dua pita merah. Sejak dahulu, Lebanon terkenal dengan pohon cedar, yang juga ditampilkan pada uang kertas negara itu. Ini juga disebutkan dalam lagu kebangsaan.

Lebanon pernah ditumbuhi pohon cedar yang luas, namun karena suatu eksploitasi, hanya sebagian kecil yang kemudian tersisa. Saat ini, Cedars of God, jaringan hutan berisi tumbuhan ini dilindungi oleh UNESCO.

Pohon cedar di Lebanon juga memiliki makna spiritual sebagai tempat mediasi dan perlindungan. Bendera negara itu diadopsi pada Desember 1943, secara resmi setelah memperoleh kemerdekaan dari Prancis.

2. Iran

Bendera Iran saat ini diadopsi pada Juli 1980 setelah revolusi 1979, tetapi varian dari tiga warna hijau-putih-merah telah digunakan sejak abad ke-18. Apa yang paling menonjol adalah 22 pengulangan skrip kufi dari frase Arab Allah Akbar (Tuhan Maha Besar) dan kata ‘Allah’ berwarna merah di tengahnya.

Itu adalah upaya mencerminkan karakter Islam revolusioner Iran dan menggantikan bendera era Shah, yang menampilkan singa dan matahari di tengahnya. Bendera baru dirancang oleh seorang arsitek bernama Hamid Nadimi dan disetujui oleh Ayatollah Khomeini, selaku pemimpin tertinggi setelah revolusi.

Bendera tersebut juga memiliki garis horizontal hijau, yang terdapat pada banyak bendera Timur Tengah dan diasosiasikan dengan Islam. Warna tersebut diyakini sebagai warna favorit Nabi Muhammad SAW dan juga disebutkan dalam Al-Qur'an. Selain itu, ini juga melambangkan alam dan vitalitas.

Garis horizontal putih di bagian tengah bendera Iran diyakini melambangkan perdamaian dan kebebasan. Sementara itu, merah melambangkan kesyahidan dan keberanian.

3. Turki

Bintang dan bulan sabit pada bendera Turki adalah simbol kekaisaran Ottoman dan berasal dari budaya Turki kuno. Ketika suku-suku Turki nomaden di Asia Tengah mengadopsi Islam di era abad pertengahan, simbol bulan sabit menjadi banyak digunakan sebagai simbol agama secara umum, terutama setelah kebangkitan Ottoman dan adopsi kekhalifahan.

Bendera asli menampilkan latar belakang merah dan bulan sabit dan bintang putih, yang memiliki delapan titik, masing-masing mewakili negara bagian kekaisaran yang berbeda. Hingga kemudian, Turki modern diadopsi pada 1936 dan merupakan versi asli Ottoman yang sedikit dimodifikasi.

Ada sejumlah legenda yang menjelaskan asal usul bendera tersebut. Termasuk salah satunya adalah saat pendiri Kekaisaran Ottoman, Sultan Osman I bermimpi di mana ia melihat bulan sabit dan bintang muncul dari dada seorang hakim yang putrinya ingin ia nikahi.

Sementara, yang lain percaya mengatakan bahwa selama Pertempuran Kosovo 1448 antara Kekaisaran Ottoman dan koalisi Kristen, refleksi bintang dan bulan terlihat di genangan darah. Dalam interpretasi modern, warna merah yang digunakan pada bendera melambangkan darah tentara yang berjuang untuk kemerdekaan Turki setelah Perang Dunia I.