Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Husnia Nakma Daulay

FAKTA UNIK ANTARA BAHASA INDONESIA DAN BAHASA ARAB

Agama | Sunday, 05 Dec 2021, 12:00 WIB

NAMA: HUSNIA NAKMAH DAULAY

A. KEUNIKAN BAHASA INDONESIA

Ternyata bahasa persatuan Negara Indonesia ini memiliki fakta yang unik.Bahasa yang setiap hari,setiap saat, dan setiap waktu kita menggunakan bahasa indonesia(walaupun kadang campur-campur dengan bahasa lain).tapi, kita tidak sadar tentang fakta fakta unik bahasa indonesia yang kita pakai sehari hari ini.Berikut fakta fakta unik dari bahasa indonesia:

1.Bahasa Indonesia ternyata masuk peringkat ke -10 bahasa yang paling sulit di kenali di dunia.

2.Bahasa Indonesia menempati peringkat ke tiga se-Asia setelah Bahasa Jepang dan Mandarin.

Hal ini disebabkan karena kontributor asal Indonesia yang sangat banyak dan artikelnya yang bervariatif.

3.sulit di pelajari oleh berbagai negara lain.

Orang Indonesia mempunyai lidah paling fleksibel sehingga mudah dalam belajar berbahasa Inggris. di Bandingkan dengan orang India, Tiongkok, Jepang, dan Malaysia saat bicara bahasa Inggris.

4. bahasa Indonesia merupakan bahasa yang kaya akan pengembangan kata-katanya.

Satu kata bisa dikembangkan menjadi sebuah frasa, klausa, kalimat, paragraf, dan wacana. Misalnya kata ‘adil’ dikembangkan menjadi kata berimbuhan, kata majemuk, dan kata ulang. Keadilan, berkeadilan, pengadilan, peradilan, diadili, teradili, dan mengadili, pengadil mewakili kata berimbuhan yang dikembangkan dari kata dasar adil. Dikembangkan menjadi sebuah frasa seperti sedang diadili, akan diadili, telah diadili, mungkin teradili, di peradilan, ke pengadilan, bisa diadili, pasti diadili. Dikembangkan menjadi kata majemuk seperti rumah keadilan, rumah adil, pengadilan tinggi, keadilan sosial. Dikembangkan menjadi kata ulang/reduplikasi seperti keadilan-keadilan, pengadilan-pengadilan. Sebagai perwakilan sebuah klausa, kamu bisa melihatnya pada klausa dia sedang diadili, hari minggu di pengadilan, pergi ke pengadilan, pulang dari pengadilan.

5.Bahasa Indonesia mempunyai enam vokal

yaitu: a, e, i, o, u, dan e , dan tiga diftong (ai, au, oi). Konsonannya terdiri dari: p, b, t, d, k, g, v, j, h, ng, ny, m, n, s, w, l, dan y. Disamping itu, terdapat juga konsonan lain yang hanya muncul dalam kata pinjaman, iaitu: f, v, sy, z, dan kh. Pengejaan bahasa Indonesia sendiri hampir sama dengan bahasa Itali. Sebagai contoh, "t" dibunyikan lebih maju daripada bahasa Inggris (bunyinya kira-kira antara huruf "t" dan "th") serta memiliki sedikit persamaan vokal

6.Susunan kata dasar pada bahasa Indonesia adalah Subjek - Predikat - Objek - Keterangan(SPOK).

Berbeda dengan bahasa Inggris, kata kerjanya ga dipengaruh oleh bilangan subjek dan objek. Bahasa Indonesia juga ga menggunakan kala waktu, biasanya 'waktu' dinyatakan dengan menambahkan kata keterangan seperti "kemarin" atau "besok" atau penunjuk lain seperti "sudah" atau belum.

B.KEUNIKAN BAHASA ARAB

Terlepas dari keunikan bahasa indonesia, Sekarang kita akan menggali keunikan seputar bahasa arab.Bagi umat Muslim, bahasa Arab merupakan bahasa yang memang wajib untuk dipelajari.Mayoritas masyarakat Indonesia beragama Muslim, tentu banyak orang di Indonesia akan mempelajari bahasa tersebut demi melafalkan doa-doa dan untuk memahami kitab alquran.

Berikut 5 fakta unik dan menarik mengenai bahasa Arab:

1.Digunakan di 26 negara.

Bahasa Arab digunakan oleh 26 negara di seluruh dunia, seperti contohnya negara Syria, Bahrain, Algeria, Jordan, Iraq dan masih banyak lagi. Sekitar 300 juta orang di seluruh dunia menggunakan bahasa internasional yang satu ini.Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB yang menetapkan bahasa Arab sebagai salah satu dari enam bahasa internasional.

2.Terdapat 3 jenis bahasa Arab.

Jenis pertama bahasa Arab disebut sebagai ‘Arab Klasik’. Jenis bahasa Arab yang satu ini juga dikenal sebagai Bahasa al-Quran, yang berasal dari berbagai teks sastra dari zaman Umayyah dan Abbasiah.Kemudian yang kedua adalah MSA atau Modern Standard Arabic. Jenis bahasa Arab yang satu ini kerap digunakan dalam novel, buku teks, serta akhbar.

Lalu yang ketiga dan yang terakhir adalah bahasa Arab sehari-hari.Karena bahasa Arab resmi digunakan oleh 26 negara di seluruh dunia, tentu terdapat perbedaan bahasa Arab setiap masing-masing negara seperti cara pengucapan, penulisan, artian, dan masih banyak lagi yang tergantung dari budaya yang beragam setiap negara.

3.Berusia sekurang-kurangnya sekitar 1500 tahun.

Bahasa Arab klasik sudah ada sejak abad ke-6 di dunia. Versi bahasa Arab tersebut merupakan jenis bahasa Arab yang paling tua dan kuno yang sudah ada sejak zaman dahulu. Bahasa Arab klasik yang muncul pertama kali merupakan bagian dari dialek Safaitic.

4.Penulisan huruf yang dari kanan ke kiri

Sesuai dengan penulisam huruf latin, tulisan akan dibuat dari kiri ke kanan. Namun, tulisan bahasa Arab ditulis dari kanan ke kiri .penulisan huruf Arab yang dari kanan ke kiri juga disebabkan oleh sejarah Arab zaman dahulu. Orang Arab pada zaman dahulu memiliki kebiasaan menulis tulisan tangan menggunakan teknik memahat. Tangan kanan akan memegang palu, dan tangan kiri memegang pahatan, proses pemahatan tersebut akan dilakukan dari kanan ke kiri.

5.Bahasa Arab membutuhkan penyesuaian dan pelatihan

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang sulit untuk dipelajari. Mulai dari cara penulisannya hingga teknik pengucapannya.

6.Faktanya bahasa Arab memiliki beberapa tanda baca yang terbalik,

seperti contohnya tanda baca ‘?’ akan menjadi (؟), sedangkan tanda baca koma (,), akan menjadi (،).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image