Ciri Istri Bertakwa dan Sholehah

Selasa , 07 Dec 2021, 03:37 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Agung Sasongko
Perempuan Sholehah (ilustrasi)
Perempuan Sholehah (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Istri bertakwa dan sholehah mengerti betul akan kewajibannya sebagai hamba Allah, sebagai istri bagi suaminya, dan sebagai ibu bagi anak-anaknya. Maka dari itu istri yang solehah sangatlah berharga.

 

Terkait

Rasulullah  ﷺ bersabda:

Baca Juga

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اَلدُّنْيَامَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِهَاالْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ.  

Nabi Muhammad ﷺ bersabda: "Dunia itu perhiasan, dan sebaik-baiknya perhiasan adalah istri yang salehah," (HR. Bukhari).

Sebab itu pula bagi laki-laki yang hendak menikah, jadikanlah ketakwaan dan kesalehan sebagai prioritas yang dinilai dari seorang calon istri sebelum menikahinya. Ketika telah mendapati seorang calon istri itu bagus ibadahnya seperti menjaga shalatnya, istiqamah membaca Alquran, senang berzikir dan melaksanakan sunah lainnya, maka setelah itu lihatlah bagaimana akhlaknya, baktinya kepada keluarga, prinsipnya dalam menjaga kehormatan diri dan keluarga.  

Karena istri yang sholeh yaitu adalah yang taat kepada suaminya. Selama suaminya tidak memerintahkan untuk berbuat maksiat dan dosa, maka wajib bagi seorang istri taat pada suaminya. Selain itu istri yang salehah adalah yang membuat bahagia ketika suaminya memandangnya. 

Istri sholehah akan memberikan senyum terbaik dan penampilan terbaik ketika suaminya berada di rumah, akhlaknya pun baik kepada suami dan anak-anaknya. Dan ketika berbicara dengan suaminya, ia tidak mengeluarkan suara yang lebih tinggi dari suaminya. Istri yang salehah juga yang menuruti suaminya. Dan istri sholehah itu mampu menjaga harga dirinya, kehormatan keluarganya, harta benda keluarganya terlebih yang khusus milik suaminya, ketika suaminya itu sedang tidak di rumah.