Selasa 07 Dec 2021 06:10 WIB

Alquran Berusia 700 Tahun Ditemukan di Perpustakaan Sekolah

Alquran tua ini akan diserahkan ke pemerintah Turki.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Alquran Berusia 700 Tahun Ditemukan di Perpustakaan Sekolah di Turki
Foto: Abna
Alquran Berusia 700 Tahun Ditemukan di Perpustakaan Sekolah di Turki

REPUBLIKA.CO.ID,TOKAT—Dua Alquran berusia ratusan tahun ditemukan di perpustakaan sebuah sekolah di distrik Zile di Tokat, Turki. Salah satunya diperkirakan berusia 700 tahun sedangkan lainnya berusia sekitar 400 tahun, keduanya ditulis dengan tulisan tangan.

Direktur Pendidikan Nasional Provinsi Tokat Murat Küçükali mengatakan, kedua manuskrip itu ditemukan di arsip perpustakaan SMA Zile Imam Hatip, dan rencananya akan segera dikirim ke lembaga pemerintah Turki yang khusus mengelola peninggalan sejarah Kekaisaran Ottoman.

Baca Juga

“Karya-karya itu segera dipisahkan untuk mencegah pembusukan atau kerusakan lebih lanjut. Kami segera menghubungi Direktorat dan karya-karya itu akan dikirim kesana,” ujar Küçükali yang dikutip di Abna, Selasa (6/12).

"Artefak ini sangat berharga bagi kami. Para ahli telah memperkirakan nilainya. Itu sebabnya mereka harus segera dilindungi,” sambungnya.

Küçükali mengatakan bahwa alasan mereka mengirimkan kedua karya peninggalan sejarah itu kepada direktorat, merujuk pada usia Alquran yang membutuhkan perlindungan khusus. Kedua Alquran itu diperkirakan akan disimpan di Mevlevihane.

Sumber:

https://en.abna24.com/news//two-handwritten-qurans-estimated-to-be-700-year-old-found-in-turkish-schools-library_1205621.html

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement