Rabu 08 Dec 2021 22:33 WIB

Himakom FISIP UMJ Tuntaskan Program PHP2D

Dalam acara penutupan tim PHP2D memaparkan laporan program selama 3 bulan

Kaprodi Ilmu Komunikasi, Dr. Oktaviana Purnamasari, M. Si menyampaikan  Desa Kuripan akan menjadi desa binaan dari UMJ.
Foto: istimewa
Kaprodi Ilmu Komunikasi, Dr. Oktaviana Purnamasari, M. Si menyampaikan Desa Kuripan akan menjadi desa binaan dari UMJ. "PHP2D menjadi langkah awal kemitraan antara Desa Kuripan dan UMJ

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (Himakom FISIP UMJ), telah mengadakan penutupan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) beberapa waktu lalu.

PHP2D merupakan program hibah dari Kemenristek Dikbud untuk lembaga kemahasiswaan guna membangun desa melalui berbagai program. Himakom dari Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Himateka dari Fakultas Teknik merupakan dua lembaga kemahasiswaan dari UMJ yang berhasil memenangkan hibah tersebut. 

Baca Juga

Acara penutupan PHP2D Himakom dilaksanakan di kantor Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) Kuripan kecamatan Ciseeng, kabupaten Bogor. Dalam kegiatan tersebut tim PHP2D memaparkan hasil laporan program yang sudah terealisasi selama 3 bulan.

Jodhi Hermawansyah, selaku ketua pelaksana PHP2D Himakom FISIP UMJ menegaskan pada laporannya,  "PHP2D Himakom FISIP UMJ ini semoga menjadi pemantik untuk desa Kuripan membangun Peradaban Desa Berkemajuan, dengan mulai beradaptasi menggunakan teknologi digital. Beberapa hal yang kami berikan, seperti website dan sosial media desa, video profile desa,  buku panduan pengelolaan bumdes Digital,  dan pelatihan-pelatihan tentang industri digital. Harapannya, Desa Kuripan menjadi mercusuar desa lainnya dalam hal pengembangan industri Digital untuk kemajuan desa".

Sekertaris desa yang mewakili kepala pdesa menyampaikan dalam sambutannya, "Terimaka kasih banyak atas hadirnya teman teman mahasiswa yang senantiasa ikut membangun desa kuripan dalam ranah digital, semoga apa yang sudah di berikan dapat di kembangkan oleh pemerintah desa dan warga desa kuripan". 

Semoga saja laporan akhir ini tidak menutup teman teman untuk kembali bersilaturahmi ke desa kami, karna kami juga masih butuh mteman teman mahasiswa untuk memonitoring perkembangan desa. 

Disela kegiatan Kaprodi Ilmu Komunikasi, Dr. Oktaviana Purnamasari, M. Si menyampaikan, Desa Kuripan akan menjadi desa binaan dari UMJ. "PHP2D menjadi langkah awal kemitraan antara Desa Kuripan dan UMJ. Karena untuk membangun desa diperlukan kerja sama antara desa,  akademisi, dan pemerintah. Semoga dengan kerja sama yang terjalin,  mampu meningkatkan taraf ekonomi desa Kuripan serta kesejahteraan hidup warganya," katanya.

Diakhir kegiatan tim PHP2D, memberikan cendramata kepada pemerintah desa kuripan berupa foto hasil kegiatan program.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement