Sabtu 11 Dec 2021 00:29 WIB

Hikmah Surat Ad Dhuha yang Memenangkan Jiwa

Surat Ad Duha diturunkan kepada Nabi untuk membebaskannya dari perasaan negatif.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Banyak muslim yang mampu menghafal surat Ad Dhuha namun belum banyak yang meresapi maknanya. Bahkan manfaatnya sebenarnya bisa membuat tenang orang yang sedang tertekan.

Dilansir di aboutislam.net, Jumat (10/12), Allah menurunkan surat ini kepada Nabi Muhammad pada saat ia tidak menerima wahyu setiap selama enam bulan, bahkan dalam bentuk mimpi. Nabi berada dalam keadaan pikiran yang sangat terganggu, merasa negatif dan tertekan dan percaya bahwa Allah tidak ridha kepadanya, telah melupakannya, dan tidak menginginkannya lagi sebagai Nabi. 

Baca Juga

Perasaan seperti itu saja pernah dirasakan Nabi, demikian juga manusia biasa lainnya. Saat-saat ketika tingkat iman kita berada di titik rendah. 

Kita merasa doa kita tidak dikabulkan, shalat kita tidak berdampak positif pada hati kita, dan yang terburuk adalah perasaan bahwa kita adalah manusia yang mengerikan, bahwa Allah tidak mencintai kita atau tidak peduli dengan kita lagi. 

photo
Infografis Doa Hadapi Kesulitan - (Infografis Republika)

Surat Ad Duha diturunkan kepada Nabi untuk membebaskannya dari perasaan negatif ini dan memberinya harapan, kepositifan, dan kepastian bahwa Allah bersamanya apa pun yang terjadi. Dari situ kita juga dapat menemukan kedamaian , harapan, dan keyakinan baru kepada Allah ketika kita melalui keadaan depresi, kesedihan, dan keputusasaan yang serupa. 

Hikmah setiap ayat surat Ad dhuha diantaranya:

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement