Senin 13 Dec 2021 12:34 WIB

Muslim Rohingya Jalankan Bisnis Food Truck Halal di Milwaukee

Food truck halal tersebut adalah satu-satunya di Milwaukee.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Muslim Rohingya Jalankan Bisnis Food Truck Halal di Milwaukee. Sebuah keluarga Muslim Rohingya di Milwaukee, kota terbesar di negara bagian Wisconsin, AS mengoperasikan satu-satunya truk makanan halal Malaysia di kota itu.
Foto: abna24
Muslim Rohingya Jalankan Bisnis Food Truck Halal di Milwaukee. Sebuah keluarga Muslim Rohingya di Milwaukee, kota terbesar di negara bagian Wisconsin, AS mengoperasikan satu-satunya truk makanan halal Malaysia di kota itu.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Sebuah keluarga Muslim Rohingya di Milwaukee, kota terbesar di negara bagian Wisconsin, AS mengoperasikan satu-satunya truk makanan halal Malaysia di kota itu. Melalui truk makanan tersebut komunitas Burma dan Rohingya di Milwaukee mendapatkan akses ke makanan tradisional.

Amir Mohammad Ali dan istrinya Majidah Mohammed Yousef membuka Taste Amir's Roti Food Truck sejak Juli 2020. Truk tersebut melayani dua lokasi di Wilson Park, 1601 W. Howard Ave., dan di South 13th Street dan West Ohio Avenue.

Baca Juga

Amir Mohammad Ali adalah seorang pengungsi Rohingya yang meninggalkan Burma di usia muda untuk menetap di Malaysia. Ali bekerja di restoran di Malaysia selama bertahun-tahun. Begitu dia menyimpan cukup uang, dia membuka satu sendiri dan mengelola yang lain.

Mohammad Ali datang ke AS sebagai pengungsi delapan tahun lalu. Ali ingin mengejar pekerjaan di industri makanan dan mencoba membuka sesuatu sendiri di Milwaukee.

Setelah melihat beberapa truk makanan di Milwaukee, suatu hari saat dia mengantarkan makanan untuk DoorDash, inspirasi muncul di benaknya. “Kenapa saya tidak membuka food truck dengan makanan Malaysia di sini karena tidak ada,” pikir Ali dilansir dari Abna24, Senin (13/12).

Istri Ali, Majidah Mohammed Yousef, ikut bersama suaminya. Ia memasak makanan halal Malaysia. “Komunitas Muslim di Milwaukee tidak pernah memiliki truk makanan Malaysia halal dan itulah mengapa kami pikir itu akan menjadi ide yang bagus,” katanya.

A Taste of Amir's Roti dibuka 4 Juli 2020, di awal pandemi Covid-19. Pada awal pembukaan, tentu saja tidak berjalan mulus dan terasa sulit.

“Dua minggu pertama sulit tetapi setelah Sister Aneesa dari ISM (Masyarakat Islam Milwaukee) mampir ke truk makanan suatu hari, dia pergi dan menyebarkan berita tentang bisnis kami kepada masyarakat,” kata Youssef.

Bisnis tersebut kini telah berkembang dan menjadi sangat populer di kalangan komunitas Muslim Milwaukee, menjangkau beragam pelanggan. Hidangan tradisional yang paling populer adalah nasi goreng, Dosa Masala, dan mortabag (martabak).

Food truck buka dari pukul 11.00 sampai 20.00 setiap hari, kecuali hari Senin. Di musim panas, truk makanan ditempatkan di sebelah Wilson Park, 1601 W. Howard Ave.

Berlokasi di taman memungkinkan pelanggan untuk memanfaatkan area tempat duduk luar ruangannya, yang juga mendukung persyaratan jarak sosial Covid-19. Selama musim dingin, truk makanan ditempatkan di South 13th Street dan West Ohio Avenue di mana pelanggan dapat parkir di belakang truk makanan dan makan di mobil mereka.

“Banyak orang datang untuk makan di restoran karena mereka melihatnya secara online dan banyak yang ingin mencoba makanan Malaysia datang ke sini karena tidak ada tempat lain selain di Milwaukee,” kata Ali.

Ali bangga bisa memberikan makanan halal kepada komunitas Muslim dan menjadikannya makanan Malaysia yang sehat. Ia juga bangga menjalankan food truck halal pertama di Milwaukee. Ia berharap di masa depan untuk bisa membuka restoran di dalam gedung.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement