Senin 13 Dec 2021 12:41 WIB

Muhammad Jadi Nama Bayi Paling Populer di Inggris

Nama Muhammad populer di Inggris selama lima tahun berturut-turut.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Muhammad Jadi Nama Bayi Paling Populer di Inggris
Foto: Pixabay
Muhammad Jadi Nama Bayi Paling Populer di Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Nama Mohammed atau Muhammad telah mempertahankan posisinya sebagai nama bayi paling populer pada tahun ini di Inggris. Sesuatu yang telah berlangsung selama lima tahun secara berturut-turut.

Dilansir dari The New Arab, Jumat (10/12), menurut data oleh Baby Centre Inggris yang diterbitkan pada Rabu lalu, nama yang juga dieja sebagai Mohamad, Mohammad, Mohamed, dan Muhammad telah mempertahankan posisinya secara berturut-turut. Muhammad adalah ejaan nama yang paling populer.

Baca Juga

“Ada perubahan di puncak tangga lagu putri saat Olivia merebut kembali posisi teratas setelah jatuh kembali ke posisi kedua tahun lalu. Muhammad bertahan kuat selama satu tahun lagi di posisi terdepan karena terbukti menjadi nama anak laki-laki paling populer lagi di kalangan orang tua,” kata Sophie Bell, seorang penulis untuk Baby Centre yang merupakan peneliti terkait untuk orang tua dan calon ibu di Inggris.

Adalah umum bagi umat Islam di seluruh dunia untuk menamai putra-putra mereka dengan nama Muhammad, seorang Nabi terakhir Islam. Menurut hasil sensus terbaru, ada lebih dari 3,3 juta Muslim yang tinggal di Inggris dengan 59 persen dari mereka tinggal di London. 

 

Sementara itu, Noah dan Oliver mempertahankan posisi mereka sebagai nama anak laki-laki paling populer kedua dan ketiga di Inggris. Islam menganjurkan memberi nama yang baik bagi anaknya. Hal ini karena nama adalah cerminan dari keyakinan, etika, dan kepribadian seseorang.

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Kamu akan dipanggil pada Hari Kebangkitan dengan namamu dan nama ayahmu, maka milikilah nama yang baik." (HR Abu Dawud)

Dalam beberapa riwayat, Nabi SAW mengubah nama yang buruk beberapa sahabat menjadi baik. Misalnya, dia mengubah nama seorang wanita dari Qalilah (sedikit) menjadi Kathirah (banyak), dan nama lain dari 'Aasiyah (pendosa) menjadi Jamilah (cantik), Harb (perang) dengan Salam (damai), Sa'b (sulit) dengan Sahl (mudah ditangani) dan seterusnya. Seorang Muslim harus menghindari nama yang menunjukkan keangkuhan dan kesombongan.

Nabi Muhammad bersabda, "Nama yang paling menjijikkan bagi Allah di akhirat adalah nama orang yang menyebut dirinya "Raja di atas segala Raja", karena Allah adalah Tuhan di atas segala raja." (HR Muslim).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement