Senin 13 Dec 2021 17:01 WIB

Paduan Suara Swara Wadhana UNY Raih Penghargaan di Polandia

Kompetisi diikuti 15 tim paduan suara.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Penampilan paduan suara mahasiswa Swara Wadhana UNY.
Foto: Dokumen.
Penampilan paduan suara mahasiswa Swara Wadhana UNY.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Paduan Suara Mahasiswa Swara Wadhana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembali menorehkan prestasi internasional. Kali ini, diraih dari ajang bergengsi The Prof Józef Świder International Festival of Music Polandia.

Swara Wadhana menyabet penghargaan The Most Interesting Interpretation of Sakral Piece dengan lagu Cor Mundum aransemen Gyorgy Orban. The Best Performance of Modern Composer Piece dengan lagu Atsalums aransemen Jekabs Jancevskis.

Kemudian, Gold Medal dengan point 99 dan Grand Prix of The Prof Józef Świder International Competition of Music (Online Competition). Pembina Swara Wadhana UNY, Driyastuti Yogyaningrum mengatakan, kompetisi diikuti 15 tim paduan suara.

Mulai dari Polandia, Indonesia, Ukraina, Belarusia, Slovakia, Latvia, dan Cheko. Terdapat tujuh tim paduan suara yang mengikuti kompetisi daring, sedangkan untuk kompetisi luring diikuti delapan tim paduan suara.

 

"Memperebutkan Grand Prix Rektor dari Universitas Silesia dan Józefa Świdra Cantus Foundation," kata Driyastuti, Senin (13/12).

Konduktor Swara Wadhana UNY, Lukas Gunawan Arga Rakasiwi menuturkan, sejak awal 2021 tim mulai berlatih dan menyiapkan beberapa lagu untuk diikutkan kompetisi-kompetisi paduan suara internasional. Seperti di Italia, Hongkong, dan Taiwan.

Sedangkan, untuk Polandia menjadi kompetisi yang tidak direncanakan. Rangkaian kompetisi internasional yang diikuti Swara Wadhana UNY berakhir Juli lalu. Maka itu, Arga menawarkan Swara Wadhana UNY mempertimbangkan keikutsertaan di Polandia.

"Pada akhirnya kami mengikuti kompetisi ini, dan bersyukur dapat kembali memborong beberapa penghargaan internasional," ujar Arga.

The Prof Józef Świder International Festival Of Music adalah kompetisi yang bertempat di Cieszyn Polandia. Kompetisi ini dilakukan secara hybrid yaitu daring dan luring, dan sukses diselenggarakan sejak 10-12 Desember 2021.

Dengan rincian 10 Desember 2021 pelaksanaan kompetisi daring, 11 Desember 2021 kompetisi secara luring dan konser untuk  hari terakhir. Berlangsung di Parafia Ewangelicko-Augsburska w Cieszynie. Kościół Jezusowy, Cieszyn, Polandia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement