Berdosa Meninggalkan Sholat Meski dalam Perjalanan Haji

Selasa , 14 Dec 2021, 09:44 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Esthi Maharani
Jamaah haji sholat Jumat di Padang Arafah
Jamaah haji sholat Jumat di Padang Arafah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al-Kandahlawi mengingatkan calon jamaah haji untuk menjaga sholatnya selama perjalanan. Menurutnya, banyak jamaah haji meninggalkan sholat karena merasa lelah melakukan perjalanan.

 

Terkait

"Banyak sekali jamaah haji yang bermalas-malasan mengerjakan sholat karena letih dalam perjalanan," tulis Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al-Kandahlawi dalam kitabnya Fadilah Haji.

Baca Juga

Syekh Maulana memastikan, dosa besar jika meninggalkan sholat sekalipun perjalanan yang melelahkan ini untuk ibadah haji. Ia mengatakan tidak ada alasan meninggalkan kewajiban sholat untuk melakukan kewajiban yang lain.

"Ini adalah dosa yang sangat besar," tegasnya.

Untuk itu, Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al-Kandahlawi memberikan cara agar tidak ketinggalan sholat terutama sholat subuh berjamaah di masjid. Ia mengungkapkan, sebagian ulama telah menuliskan bahwa apabila jamaah haji menempuh perjalanan pada malam hari, maka apabila telah sampai pada waktu menjelang subuh hendaknya dia tidak tidur terlentang.

"Akan tetapi tidur dengan menggunakan siku dan meletakkan tangannya di atas supaya tidak larut dalam kantuk hingga ketinggalan sholat subuh," katanya.

Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al-Kandahlawi menyayangkan, jika ada jamaah haji tinggal sholat dengan alasan lelah melakukan perjalanan haji.

"Keutamaan sholat lebih besar daripada kautaman haji," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini