Selasa 14 Dec 2021 17:12 WIB

Rahasia Sehat Aktor Clint Eastwood pada Usia 91

Clint Eastwood fokus pada kesehatannya setelah ayahnya terkena serangan jantung.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
rahasia sehat aktor senior Clint Eastwoo di usia 91 tahun (ilustrasi).
Foto: EPA/PAUL BUCK
rahasia sehat aktor senior Clint Eastwoo di usia 91 tahun (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Aktor Clint Eastwood memiliki karier panjang di Hollywood. Dengan empat penghargaan Oscar dan empat penghargaan Golden Globe atas namanya, Eastwood tak diragukan dalam hal prestasi film.

Banyak penggemar penasaran bagaimana upaya sang bintang bisa terlihat tetap bugar bahkan di usia lanjut 91 tahun. Eastwood pernah mengungkapkan bahwa dirinya kerap "berbaring dan menikmati" proses bertambah tua. Selain itu, dibarengi dengan diet sehat, menikmati waktu di luar ruangan dan menjaga pikiran tetap prima.

Baca Juga

Aktor Cry Macho 2021 itu juga berbagi pengalaman dengan temannya yang tampak prima di usia lanjut. “Saya punya teman yang berusia 90-an, dan saya berkata kepadanya, 'Kamu terlihat sangat bagus, apa rahasianya? Dia (teman) menjawab jangan biarkan pikiran tua itu masuk dan dia tidak pernah melakukannya,” kata Eastwood ketika berbicara dengan Closer, dilansir di Express.co.uk, Selasa (14/12).

Setelah ayahnya terkena serangan jantung fatal pada usia 63 tahun, Eastwood menjadi lebih fokus pada kesehatannya sendiri. Eastwood kehilangan ayahnya saat dia memasuki usia dewasa.

Peristiwa itu disebut telah memukul perasannya, ibarat dihantam satu ton batu bata. Dia juga mengingat kebiasaan gaya hidup sang ayah, termasuk merokok dan pola makan buruk.

Ingin berbeda dengan mendiang ayahnya, aktor Gran Torino ini tetap setia dengan pola hidup sehat. Dia memprioritaskan diet, berusaha menjaga kadar kolesterolnya tetap rendah. Sang bintang menggunakan kombinasi olahraga dan diet sehat untuk tetap bugar sampai sekarang.

Dalam sebuah artikel Muscle and Fitness, Eastwood berbagai tentang program dietnya. Dia tidak berlebihan mengonsumsi lemak dan selalu memperhatikan diet dengan baik. 

“Jauhi karbohidrat, terutama makanan penutup yang kaya kandungan itu. Simpan timbangan di kamar mandi Anda. Istirahat yang tepat. Cobalah untuk optimistis. Makan buah-buahan dan sayuran mentah. Ambil vitamin. Lewati minuman yang mengandung gula. Hindari alkohol secara berlebihan,” ujarnya.

Konsultan kesehatannya, dr Harry Demopoulos, mengamini pola makan ketat Eastwood. Dr Harry menyebut sang aktor tidak pernah makan lemak."Dia rajin mengonsumsi antioksidan, sering berolahraga, dan banyak tidur, di mana ini sering diabaikan dalam program kebugaran,” kata Harry.

National Health Services (NHS) menjelaskan bahwa makanan seimbang yang sehat adalah bagian penting dari menjaga kesehatan yang baik. Eastwood memprioritaskan diet yang terdiri dari buah, ikan, sayuran dan pastaz Panduan Eatwell merekomendasikan beberapa bentuk susu, protein dari kacang-kacangan, minum delapan gelas air sehari dan sedikit lemak tak jenuh. 

Putra Eastwood, Scott Eastwood, menjadi saksi bagaimana sang ayah bertekad kuat menjaga tubuh walaupun sudah berusia lanjut. Dalam sebuah wawancara tahun 2017 dengan Men's Health, ia membahas "Kode Eastwood".

“Ayah saya tidak pernah memberi saya satu sen pun. Dia membuatku bekerja untuk segalanya. Ayah saya adalah mesin tentang makanan dan olahraga. Dia menunjukkan kepada saya cara olahraga ketika saya berusia 14 atau 15 dan dasar-dasar lainnya. Dia menjelaskan bahwa lebih penting untuk melakukan gerakan dengan benar daripada mengonsumsi makanan dari banyak piring,” ujar Scott.

Tampaknya slogan Eastwood adalah kombinasi dari makan dengan baik dan olahraga. Scott menjelaskan, itu adalah keseimbangan penting 9-10 persen di antara keduanya. Dengan berolahraga menambah 10 persen dari gaya hidup sehat dan makan sehat adalah faktor terbesar. 

Dalam hal latihan fisik, Eastwood tidak melakukan sesuatu yang "terlalu berat". "Dia masih bermain golf, dia suka berjalan-jalan. Dia menanti makanan enak, membaca, mendapatkan skrip, golf. Dia sangat nyaman dengan rutinitas hariannya," kata seorang sumber kepada Closer

Selain latihan fisik, bintang sekaligus sutradara seri Netflix “The Mule” itu telah menggunakan teknik meditasi selama lebih dari 40 tahun. Tekniknya, yang dikenal sebagai meditasi transendental, adalah latihan 20 menit, biasanya dilakukan dua kali sehari, memungkinkan pikiran dan tubuh mengakses kualitas istirahat istimewa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement