Rabu 15 Dec 2021 11:15 WIB

Israel Rencanakan Enam Pemukiman Baru di Palestina

Israel mempromosikan rencana untuk membangun kompleks perumahan di Yerusalem timur

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
 Pandangan pemukiman Yahudi Tepi Barat di Ma
Foto: AP / Oded Balilty
Pandangan pemukiman Yahudi Tepi Barat di Ma

IHRAM.CO.ID, TEL AVIV -- Israel berencana untuk membangun enam pemukiman Yahudi di Yerusalem Timur yang diduduki, di jantung lingkungan dan kota-kota Palestina. Rencana ini tertuang dalam dokumen yang diperoleh Haaretz.

Unit Kustodian Jenderal di Kementerian Kehakiman Israel telah mempromosikan rencana untuk membangun kompleks perumahan dan lingkungan bagi pemukim Yahudi di berbagai wilayah Yerusalem Timur, yang diduduki Israel pada 1967.

Dilansir dari Middle East Eye, Selasa (15/12) rencana tersebut mencakup satu lingkungan pemukim di Sheikh Jarrah, satu lagi di dekat Gerbang Damaskus Kota Tua, dua di dekat Beit Safafa, dan komunitas Yahudi di Beit Hanina dan Sur Baherz dua lingkungan Palestina di utara dan selatan Kota Tua Yerusalem, masing-masing.

Haaretz mengatakan bahwa Unit Kustodian Jenderal telah membentuk kerjasama erat dengan kelompok pemukim Israel, termasuk Elad, Ateret Kohanim dan Nahalat Shimon. Kerja sama ini dengan tujuan mengusir paksa warga Palestina dari rumah mereka di Yerusalem Timur dan menggantinya dengan pemukim Yahudi.

Nahalat Shimon berada di balik upaya untuk mengusir puluhan keluarga Palestina dari lingkungan Sheikh Jarrah. Pengusiran itu menyebabkan protes luas di Yerusalem Timur dan Tepi Barat yang diduduki pada Mei lalu, yang disambut dengan kekerasan, dan serangan Israel di Jalur Gaza.

Dalam beberapa tahun terakhir, kelompok pemukim telah mengajukan tuntutan hukum terhadap warga Palestina di Sheikh Jarrah, Silwan dan Batn al-Hawa untuk membuktikan bahwa penyewa Yahudi memiliki kepemilikan tanah dan properti Palestina sejak sebelum 1948, selama Mandat Inggris atau sebelum Inggris merebut Palestina dari Ottoman. memerintah pada 1917.

Ada sekitar 900 properti di bawah wewenang Unit Kustodian Umum. Menurut laporan itu, Israel berencana untuk membangun lusinan unit pemukim antara Beit Safafa dan Talpiot di selatan Kota Tua Yerusalem. Kompleks lain direncanakan akan dibangun di atas 3,3 dunam di Sur Baher.

Di area Gerbang Damaskus, kompleks perumahan lain untuk pemukim Yahudi direncanakan di belakang toko-toko Palestina di pasar al-Musrara. Saat ini ada 10 keluarga Yahudi yang tinggal di daerah tersebut di properti yang dijual oleh Unit Kustodian Umum kepada kelompok pemukim sayap kanan Homot Shalem. Di Beit Hanina, Israel menciptakan unit pemukim di atas sebidang tanah seluas enam dunam (0,6 hektar).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement