Rabu 15 Dec 2021 17:30 WIB

Lampung Siap Jadi Tuan Rumah Muktamar Ke-34 NU

Muktamar NU akan digelar pada 23-25 Desember.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Muhammad Hafil
Lampung Siap Tuan Rumah Muktamar ke-34 NU. Foto:  (ilustrasi) logo nahdlatul ulama
Foto: tangkapan layar wikipedia
Lampung Siap Tuan Rumah Muktamar ke-34 NU. Foto: (ilustrasi) logo nahdlatul ulama

REPUBLIKA.CO.ID,BANDAR LAMPUNG – Setelah diputuskan PB Nahdlatul Ulama (NU), panitia daerah siap membantu menyelenggarakan Muktamar ke-34 NU di Lampung pada 23 sampai 25 Desember 2021. Pelaksanaan dilakukan di empat tempat berbeda dan berjauhan, untuk menghindari kerumunan massa pada masa pandemi Covid-19.

 “Pada dasarnya kita siap. Kapan lagi Lampung ditunjuk sebagai tuan rumah Muktamar NU. Sejauh ini pelaksanaan 23-25 Desember 2021 belum ada perubahan dari PB NU,” kata Koordinator Humas Panitia Daerah Muktamar ke-34 NU Juwendra Asdiansyah saat dihubungi Republika, Rabu (15/12).

Baca Juga

Menurut dia, panitia daerah bersifat membantu panitia pusat PB NU yang punya hajat dalam penyelenggaraan Muktamar ke-34 NU mendatang. Sebagai tuan rumah yang ditunjuk, ujar dia, jelas semua harus siap menggelar ajang lima tahunan tersebut, apalagi sebelumnya jadwal muktamar masih belum jelas.

Mengenai pembukaan Muktamar ke-34 NU yang agendanya dibuka Presiden Joko Widodo di Pondok Pesantren Darussaadah, Kabupaten Lampung Tengah dimajukan sehari pada 22 Desember 2021, Juwendra belum mendapatkan info dari PB NU. “Kami panitia lokal masih memegang agenda yang telah ada sebelumnya 23-25 Desember 2021,” ujarnya.

Berdasarkan agenda yang diputuskan PB NU, pelaksanaan Muktamar ke-34 NU akan berlangsung di empat tempat. Pembukaan oleh Presiden Joko Widodo di Pondok Pesantren Darussaadah, Lampung Tengah. Agenda sidang-sidang lainnya di Kota Bandar Lampung yakni di Kampus UIN Raden Intan II, Kampus Universitas Lampung, dan Kampus Universitas Malahayati.

Juwendra mengatakan, biasanya pelaksanaan Muktamar NU digelar di satu titik atau satu tempat untuk memudahkan dan melancarkan mobilitas peserta muktamar. Namun, penyelenggaraan Muktamar ke-34 NU di Lampung saat ini masih suasana pandemi Covid-19.

“Jadi, untuk memecah konsentrasi terjadinya kerumunan peserta muktamar, maka diadakan di empat tempat yang berbeda dan berjauhan. Memang, kalau satu titik lebih mudah koordinasinya,” kata Juwendra yang pernah menekuni bidang jurnalistik di Lampung.

Berdasarkan pemantauan Republika, Rabu (15/12), sejumlah tempat telah terpasang baleho besar berisi Muktamar ke-34 NU di Lampung. Baleho dan banner muktamar sudah tersebar di berbagai tempat strategis, terutama di tempat penyelenggaraan muktamar di Kota Bandar Lampung.

Sebelumnya, jadwal Muktamar ke-34 NU di Lampung belum jelas digelar pada 23-25 Desember 2021. Setelah pemerintah pusat mencabut penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, PB NU menyatakan, agenda muktamar tetap akan digelar pada 23-25 Desember 2021 dengan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Dalam konferensi persnya, Ketua Umum PB NU Said Aqil Siraj menyatakan, sehubungan dengan kebijakan penarikan PPKM Level 3 terkait pencegahan penanggulangan Covid-19 pada masa libur Natal dan Tahun Baru, dengan ini PBNU memberitahukan bahwa penyelenggaran Muktamar ke-34 NU sepenuhnya sebagaimana keputusan Konbes NU pada 26 September 2021.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement