Kamis 16 Dec 2021 00:22 WIB

Waspadai Omicron, Semua Pihak Diminta Tingkatkan Pemahaman

Omicron lebih cepat penularannya dibanding delta meski tak berdampak fatal

Omicron lebih cepat penularannya dibanding delta meski tak berdampak fatal. Ilustrasi
Foto: Republika
Omicron lebih cepat penularannya dibanding delta meski tak berdampak fatal. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, —Pemahaman masyarakat terkait Covid-19 varian Omicron sangat penting. Hal ini untu dapat menyiapkan langkah antisipasi  yang dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan dalam rangka pengendalian Covid-19 secara menyeluruh. 

"Upaya mempertahankan kehidupan dengan langkah antisipasi dari varian Omicron yang dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan merupakan bagian dari upaya bela negara," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, saat membuka diskusi daring bertema Mengenal Lebih Lanjut Omicron yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (15/12).

Baca Juga

Karena upaya tersebut, jelas Lestari, merupakan bagian dari membangun ketahanan negara lewat memperkuat ketahanan masyarakat dari ancaman virus korona di masa pandemi ini.

Pemerintah, tambah Rerie, sapaan akrab Lestari,  juga telah melakukan langkah antisipatif melalui kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat dengan ketentuan yang patut ditaati terlebih menjelang akhir tahun nanti.

Pemahaman masyarakat terkait virus korona varian Omicron dan kepatuhan terhadap sejumlah kebijakan tersebut, ujar Rerie, sangat membantu dalam menyukseskan upaya pengendalian virus yang di sejumlah negara sudah menyebar luas.

Upaya membedah dan mempelajari varian Omicron secara menyeluruh, jelas Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, bukan untuk menimbulkan ketakutan, melainkan dalam rangka membangun ruang pembelajaran agar saling mengingatkan sebagai wujud saling menjaga dan mempertahankan kehidupan.

Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono, mengungkapkan varian Omicron per 13 Desember 2021 sudah terkonfirmasi di 72 negara.

Diakui Dante, berdasarkan sejumlah penelitian yang sedang dilakukan dampak varian Omicron lebih rendah daripada dampak varian Delta, namun penularan varian Omicron lebih cepat daripada varian Delta.

Kelompok sasaran kedua varian tersebut pun, jelas Dante, berbeda. Menurut dia, dampak varian Delta lebih banyak menyasar sebagian besar kelompok masyarakat  berusia lanjut. Sedangkan varian Omicron menyasar kelompok usia yang lebih muda dan anak-anak.

Langkah vaksinasi, ujar Dante, dapat melindungi masyarakat dari peluang rawat inap karena terpapar varian Omicron. Sehingga, tambahnya, vaksinasi merupakan salah satu langkah yang penting dalam mencegah terjadinya penularan. 

Baca juga : Kemenkes Sebut Pejabat Bisa Karantina Mandiri, Tapi...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement