Kamis 16 Dec 2021 13:51 WIB

Menkes Imbau Masyarakat tidak Lakukan Perjalanan ke Luar Negeri

Menjaga keselamatan rakyat Indonesia dengan mengurangi perjalanan luar negeri.

Rep: Dian Fath Risalah/Febrianto Adi Saputro/ Red: Ani Nursalikah
Menkes Imbau Masyarakat tidak Lakukan Perjalanan ke Luar Negeri. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (tengah).
Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.
Menkes Imbau Masyarakat tidak Lakukan Perjalanan ke Luar Negeri. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (tengah).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat tidak melakukan perjalanan ke luar negeri selama rangkaian perayaan Natal dan Tahun Baru. Langkah tersebut guna mengantisipasi importasi varian baru Covid-19.

"Tolong liburan ini isi waktunya di dalam negeri. Tidak perlu ke luar negeri. Indonesia, negara yang jauh lebih aman dibandingkan dengan banyak negara lain di luar," kata Budi saat menyampaikan keterangan pers perkembangan Covid-19 yang diikuti melalui Zoom di Jakarta, Kamis siang (16/12).

Baca Juga

Budi mengajak masyarakat sama-sama menjaga keselamatan keluarga, tetangga dan seluruh rakyat Indonesia dengan mengurangi perjalanan ke luar negeri selama tidak ada kebutuhan yang mendesak. Ia mengatakan kedatangan varian baru Covid-19 dari luar negeri yang berhasil teridentifikasi di karantina Wisma Atlet menunjukkan sistem pertahanan Indonesia terhadap importasi kasus berjalan cukup baik.

"Jadi wajarlah kalau harus tinggal 10 hari di karantina. Karena bukan untuk mempersulit orang yang datang, tapi untuk melindungi 270 juta rakyat kita," katanya.

 

Budi menambahkan perayaan Natal dan Tahun Baru di dalam negeri juga perlu diiringi dengan sikap patuh pada prokes, survailens lakukan vaksinasi lebih cepat, dan tidak perlu ke luar negeri. Budi mengatakan kasus konfirmasi Omicron telah terjadi di Indonesia.

photo
Infografis Liburan di Tengah Varian Omicron - (republika.co.id)

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement