Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sunan bizahran

Sedang Stress? Dengarkan Lagu Ini Untuk Mengobatinya

Eduaksi | Thursday, 16 Dec 2021, 13:04 WIB

Dari riset akademisi dan ahli psikologi musik Christ Billy Aryanto, dikarenakan manfaat musik yang bisa terasa secara fisik, sosial dan pula psikologis. Billy mengatakan, musik yang sempurna serta dimainkan di waktu yang sempurna dapat memengaruhi seseorang secara psikologis. Bukan cuma masalah suasana hati, namun pula kemampuan buat membuat pikiran lebih fokus ataupun lebih santai. (Megiza, CNN Indonesia).

Nah setelah kita tau manfaat lagu tersebut, ada seorang penyanyi yang bernama Baskara Putra. Dengan nama panggung Hindia. Berikut adalah beberapa lagu Hindia yang bisa dijadikan untuk menemani Self Healing kamu.

picture by Twitter @wordfangs

1. Evaluasi

picture by Sun Eater

Pada bulan Maret 2019, Hindia merilis sebuah lagu yang berjudul “Evaluasi”. Ia mengajak para pendengar untuk selalu mengevaluasi soal kehidupan sehari-hari yang mereka alami. Tidak hanya soal kehidupan, kamu juga akan disadarkan tentang banyaknya masalah, yang pasti bisa kamu lewati. Karena, kesulitan selalu ada di dalam kehidupan kita sehari-hari dan kamu tidak sendiri menjalaninya.

2. Membasuh

picture by Sun Eater

Berbeda dengan lagu lainnya, Membasuh lebih pada kesadaran seseorang soal kehidupan yang seharusnya tidak mengharapkan pamrih dari orang lain. Tak perlu memperhitungkan masa lalu, tetapi semuanya itu soal hari ini.

3. Jam Makan Siang

picture by Sun Eater

Pada lagu ini Hindia berkolaborasi dengan Matter Mos. Kamu bisa mendengarkan lantunan rap dari Matter Mos yang membuat lagu ini menjadi sangat menarik. Mengawali lagu dengan lirilk “Kita manusia, makhluk mulia, kita butuh uang untuk gali liang”, seolah menunjukan realita kehidupan nyata. Harus memilih antara mengejar uang atau mimpi-mimpi.

4. Belum Tidur

picture by Sun Eater

Pada lagu ini Hindia Kembali berkolaborasi dengan Sal Priadi. Dalam lagu ini menjadi pengingat bahwa semua yang ada di pikiran kamu, baik atau buruknya itu semua pasti akan menjadi baik. Dan lagu ini menceritakan bagaimana seseorang yang tetap terjaga pada tengah malam. Semua pikiran muncul menjadi satu, membuat otak menjadi semakin kacau, seolah-olah, waktu berhenti pada pukul tiga pagi. Nah uniknya lagu ini adalah kamu harus mendengarkan lagu ini dengan menggunakan earphone atau headset. Karena jika kamu hanya mendengarkan bagian kiri, kamu hanya mendengarkan suara hindia, dan jika kamu mendengarkan bagian kanan, kamu hanya mendengarkan suara Sal Priadi saja.

5. Si Lemah

picture by Instagram @wordfangs

Berbeda dengan lagu yang tadi, pada lagu kali ini Hindia yang diajak berkolaborasi oleh RAN. Melalui lagu ini Hindia dan RAN mengingatkan kepada pendengar terkait pentingnya berdamai dan menemukan diri sendiri. Menghargai serta menerima semua yang diberikan oleh tuhan, bukan menutupinya. Penerimaan diri memang bukan hal yang mudah, tetapi harus dilakukan.

6. Secukupnya

picture by Sun Eater

Siapa yang tidak tahu lagu ini? lagu ini adalah lagu yang paling laris dan pernah mendapatkan beberapa penghargaan yang bergengsi. “Kita semua gagal, ambil sedikit tisu, bersedihlah secukupnya”, itulah penggalan lirik lagu Secukupnya. Lagu ini menceritakan bahwa semua manusia sama-sama pernah mengalami kegagalan, yang perlu dilakukan hanya menerima rasa sedih tersebut, baru bangkit kembali perlahan.

Sumber : Biscayawati, A. D. (2021). Analisis simbol self healing pada lirik lagu dalam album Menari dengan Bayangan-Hindia (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image