Sabtu 18 Dec 2021 05:15 WIB

Benarkah Orang Tua Rasulullah Masuk Neraka Karena Belum Islam?

Masyarakat yang wafat sebelum Nabi SAW diutus sewajarnya mendapat kemurahan Allah

Rep: Imas Damayanti/ Red: Esthi Maharani
Rasulullah SAW (ilustrasi)
Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Rasulullah SAW (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ada sekian banyak hadis yang mengandung informasi bahwa ibu dan ayah Nabi Muhammad SAW akan masuk neraka, atau bahwa Nabi meminta izin kepada Allah agar keduanya diampuni namun Allah menolak. Benarkah demikian?

Prof Quraish Shihab dalam buku Membaca Sirah Nabi Muhammad SAW enggan menghidangkan riwayat-riwayat tersebut. Bukan saja karena kalau pun benar, menguraikannya pasti menyedihkan Nabi SAW. Maka sangat wajar apabila mempertanyakan para perawi atau siapapun yang membenarkan riwayat itu tentang firman Allah.

Baca Juga

Allah SWT berfirman dalam Alquran Surah Al-Isra ayat 15, “Wa maa kunnaa muadzzibina hatta nab’atsa Rasulan,”. Yang artinya, “Kami tidak akan mengadzab sebelum Kami mengutus seorang rasul,”.

Dijelaskan bahwa bagaimana mungkin kedua orang tua Nabi Muhammad SAW disiksa oleh Allah SWT sedangkan keduanya sebelum wafat sebelum Nabi diutus Allah menjadi Rasul? Bahkan seluruh masyarakat yang wafat sebelum Nabi SAW diutus sewajarnya mendapat kemurahan Allah itu.

Allah berfirman dalam Alquran Surah Ad-Dhuha ayat 5, “Walasaufa yu’thika Rabbuka fatardha,”. Yang artinya, “Kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, sehingga kamu puas hati,”. Prof Quraish menekankan bahwa tentu saja Nabi SAW akan puas hati antara lain jika ibu dan ayah beliau bersamanya di surga nanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement