Sabtu 18 Dec 2021 06:53 WIB

Masjid-Masjid di Hyderabad Tingkatkan Prokes

Komite berbagai masjid di kota Hyderabad, India kembali meningkatkan prokes

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Masjid dan menara tua di Hyderabad
Foto: the hindu times
Masjid dan menara tua di Hyderabad

IHRAM.CO.ID, HYDERABAD -- Meningkatnya kasus Omicron yang dilaporkan di seluruh dunia, komite berbagai masjid di kota Hyderabad, India kembali meningkatkan protokol kesehatan Covid 19 selama pelaksanaan sholat.

Seperti dilansir Telangana Today pada Sabtu (18/12), di sebagian besar masjid di kota, selama sholat, imam meminta jamaah  untuk mematuhi jaga jarak sosial dan menyarankan mereka berwudhu di rumah mereka saat datang ke masjid.

Baca Juga

“Pencuci tangan telah disimpan di pintu masuk masjid dan penyemprotan desinfektan secara teratur sedang dilakukan. Penjaga bisa meminta orang-orang untuk menjaga jarak sosial selama sholat,” kata Inspektur Masjid Mekah, Mohd Abdul Qadeer Siddiqui.

Sekitar 300 orang menghadiri sholat di Masjid Mekah yang bersejarah selama sholat maktubah, sementara pada acara-acara khusus termasuk sholat Jumat jumlahnya meningkat menjadi beberapa ribu.

Abdul Raheem, Muadzin Masjid Jamia Hakeem Mir Vazir Ali di Fateh Darwaza di kota tua, mengatakan sejak beberapa hari terakhir dia memperhatikan bahwa jumlah pengunjung lansia ke masjid telah turun secara signifikan.

“Masyarakat melakukan tindakan pencegahan, terutama warga senior yang tidak menghadiri shalat di masjid. Yang lain yang datang untuk salat membawa sajadah sendiri dan menggunakan masker,” ujarnya.

Aktivis sosial dan Khatib Masjid e Teen Posh, Sultan Bazaar, Ilyas Shamshi mengatakan pada Jumat lalu selama khotbah komite manajemen masjid di seluruh kota mendesak orang-orang untuk mengikuti protokol Covid-19 untuk keselamatan mereka sendiri.

“Spanduk-spanduk yang menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi norma-norma Covid-19 muncul lagi di masjid-masjid. Selama salat juga Imam mendesak untuk memastikan jarak sosial dan langkah-langkah keamanan yang memadai, ”katanya.

Ketua Badan Wakaf Negara Telangana, Mohd Saleem mengatakan, selama gelombang pertama Covid-19, Badan Wakaf telah mengeluarkan imbauan kepada pengelola masjid.

“Mengikuti langkah-langkah keamanan adalah tanggung jawab semua orang. Tidak ada perintah terpisah yang dikeluarkan oleh kami untuk masjid-masjid sekarang, orang-orang sadar akan situasi global dan harus tetap aman,” sarannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement