Ahad 19 Dec 2021 15:26 WIB

Liburan Naik Bus Saat Pandemi? Perhatikan Ini Sebelum Berangkat

Di tengah pandemi, Anda harus lakukan persiapan ekstra sebelum bepergian jarak jauh.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Perhatikan hal-hal berikut ini saat ingin bepergian naik bus saat pandemi Covid-19 (ilustrasi).
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Perhatikan hal-hal berikut ini saat ingin bepergian naik bus saat pandemi Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah banyaknya opsi untuk pergi liburan, bus merupakan salah satu alternatif transportasi umum yang menyenangkan untuk dipilih. Selain harga tiketnya yang relatif lebih murah, naik bus juga bisa lebih seru karena pelancong dapat menikmati pemandangan dengan suasana yang berbeda.

Tak jarang, bus juga melewati rute yang belum pernah Anda datangi sebelumnya, seperti tempat wisata yang jarang diketahui atau malah menjumpai kuliner yang memanjakan lidah di tempat istirahat. Namun, di tengah pandemi Covid-19 ini, Anda harus melakukan persiapan ekstra sebelum bepergian jarak jauh menggunakan bus agar tetap sehat dan selamat sampai tujuan. 

Baca Juga

Direktur Sumber Alam, Anthony Steven Hambali, mengatakan jika Anda memiliki rencana untuk jalan-jalan naik bus, berikut adalah lima hal esensial yang perlu diperhatikan agar tak perlu khawatir dan nyaman sepanjang perjalanan:

1. Jangan asal pergi, cek dulu syarat dan lokasi tujuan

Di tengah situasi yang tak menentu ini, langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum bepergian naik bus saat pandemi adalah mencari tahu syarat apa saja yang harus dipenuhi sebelum berangkat, misalnya harus menyertakan hasil antigen terbaru atau mengisi formulir daring. Tak kalah penting, Anda juga harus memeriksa situasi pandemi di daerah tujuan agar tetap terjaga dari Covid-19.

2. Pastikan kondisi tubuh fit

Kalau kondisi daerah tujuan Anda sudah aman, sekarang perlu memastikan kondisi tubuhmu fit untuk bepergian. Jangan memaksakan pergi bila sedang sakit karena imunmu sedang rentan terserang penyakit. 

"Jika sudah fit, siapkan barang-barang yang dibutuhkan untuk proteksi yang lebih maksimal, seperti hand sanitizer, masker cadangan, dan semprotan disinfektan," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Ahad (19/12).

3. Kemas barang bawaan menjadi praktis

Bus memiliki bagasi yang terbatas sehingga Anda sebaiknya membawa barang secukupnya sesuai dengan kebutuhan di lokasi tujuan. Buatlah catatan barang-barang yang harus dibawa terlebih dahulu agar kamu bisa melihat barang mana yang penting untuk dibawa dan meminimalisasi ketinggalan. 

Setelahnya, kemas barang-barang bawaanmu dengan efektif agar tidak memakan banyak tempat sehingga kamu tidak kerepotan membawanya. Sebaiknya, bagi barang bawaan menjadi satu tas besar dan satu tas kecil di mana tas kecil berisi barang-barang yang dibutuhkan selama perjalanan, seperti obat-obatan, botol minum, dan dompet.

4. Pilih bus yang sesuai dengan kebutuhan

Naik kendaraan umum saat bepergian berarti Anda akan berada di suatu tempat yang cukup lama dengan orang lain. Oleh karena itu, di tengah pandemi ini disarankan agar memilih bus dengan fasilitas yang lengkap dan terjaga kebersihannya.

5. Beli tiket bus secara daring

Untuk menghindari kontak fisik dan antrean yang panjang, Anda bisa melakukan pemesanan tiket bus secara daring. Cara ini juga akan membantu Anda lebih pasti untuk mendapatkan tiket sesuai dengan jadwal yang diinginkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement