Desa Dhee Ayn, Permukiman dengan Marmer Putih

Senin , 20 Dec 2021, 13:40 WIB Reporter :Ratna ajeng tejomukti/ Redaktur : Muhammad Hafil
Desa Dhee Ayn, Pemukiman dengan Marmer Putih
Desa Dhee Ayn, Pemukiman dengan Marmer Putih

IHRAM.CO.ID,BAHA -- Tanaman aromatik menarik pengunjung dan wisatawan dengan aroma harumnya ke desa arkeologi Dhee Ayn di wilayah Baha, di mana ratusan bibit kadi dan kemangi tersebar bersama pohon pisang dan berbagai jenis tanaman.

 

Terkait

 

Baca Juga

Melansir laman arabnews, Dhee Ayn adalah salah satu desa arkeologi terpenting di Saudi. Di desa Ini terdapat 58 rumah bertingkat yang berdiri di atas gunung marmer putih yang membentang seluas sekitar 15 ribu meter persegi. 

Sebuah masjid berada di tengah-tengah sebagainlusat desa yang dikelilingi oleh lahan pertanian dan rumah-rumah. Dhee Ayn terkenal dengan kekayaan pertaniannya yang melimpah dan mata air tawar yang telah menyembur selama ratusan tahun.

Di masa lalu, gandum dibudidayakan di daerah itu dan pohon palem menghasilkan buah yang lezat. Saat ini, pohon pisang mendominasi di tengah aroma kadi dan kemangi yang segar.

Desa ini memiliki lebih dari 75 ribu meter persegi lahan pertanian yang menghasilkan lebih dari delapan ton pisang per tahun, puncak panen berlangsung selama musim panas. Desa ini  juga menghasilkan lebih dari 21.500 bunga kadi sepanjang tahun, kebanyakan berbunga pada bulan Oktober.

Banyak acara diadakan di Dhee Ayn selama musim dingin yang sejuk, yang terpenting adalah festival pisang, kadi, dan produk pertanian lainnya yang bertujuan untuk mempromosikan daerah tersebut sebagai tujuan wisata. Selama beberapa pekan mendatang, Dhee Ayn akan mengadakan acara untuk menghidupkan kembali warisan kuno desa di bawah pengawasan Kementerian Pariwisata.

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/1989746/saudi-arabia

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini