Muslim Kanada Persiapkan Konvensi Tahunan Virtual

Selasa , 21 Dec 2021, 11:19 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Ani Nursalikah
Muslim Kanada Persiapkan Konvensi Tahunan Virtual
Muslim Kanada Persiapkan Konvensi Tahunan Virtual

IHRAM.CO.ID, TORONTO -- Konvensi tahunan terbesar Muslim Amerika Utara akan dimulai akhir pekan ini di Toronto. Kegiatan ini akan diadakan secara virtual untuk kedua kalinya karena penyebaran Covid-19, dimana penyelenggara menjanjikan pengalaman unik dan aman untuk peserta yang hadir.

 

Terkait

“Kami harap Anda semua baik-baik saja dan tetap aman! Kami sangat senang mengumumkan bahwa program #RIS2021 LIVE. Anda dapat menyaksikannya di situs web kami, di http://risconvention.com! #TogetherInSpirit,” tulis akun Twitter Reviving Islamic Spirit (RIS), dikutip di About Islam, Selasa (21/12).

Baca Juga

Konvensi tahun ini mengambil tema “The Making of a Better World: Balancing Self and Society”. Adapun kegiatan akan berlangsung selama dua hari, dari Sabtu, 25 Desember hingga Ahad, 26 Desember.

Tema konvensi ini juga akan membahas meningkatnya kebencian anti-Muslim di Kanada. Situs RIS menuliskan, Muslim di Kanada menyaksikan serangan mengerikan yang menyebabkan empat orang dari tiga generasi sebuah keluarga Muslim tewas di kota London, Ontario.

Beberapa pemateri yang ikut dalam kegiatan tahun ini berasal dari ulama dan pembicara terkenal dunia, seperti Maulana Tariq Jameel, Imam Zaid Shakir, Imam Siraj Wahhaj, Sh. Abdal Hakim Murad, Suster Dalia Mogahed, Ustadha Ieasha Perdana, dan lainnya. Sejumlah artis ternama juga akan berpartisipasi secara virtual, antara lain, Native Deen, Raihan, InTeam dan Ar Rayyan.

Konvensi Kebangkitan Semangat Islam sendiri pertama kali diluncurkan delapan belas tahun yang lalu, oleh pemuda Muslim. Hal ini dilakukan untuk mengatasi serangan balik terhadap Islam dan Muslim setelah kejadian 9/11, serta untuk membangun jembatan pemahaman dengan non-Muslim.

Acara ini telah menjadi kegiatan rutin di pusat kota Toronto selama musim liburan Natal. Kanada merupakan salah satu negara yang paling beragam secara etnis dan multikultural di dunia dengan populasi 35 juta.

Komunitas Muslim di negara ini menjadi komunitas agama yang tumbuh paling cepat menurut badan statistik negara itu, Statistics Canada. Populasi Muslim Kanada meningkat sebesar 82 persen selama dekade terakhir, menjadi lebih dari 1 juta pada 2011. Muslim sekarang mewakili 3,2 persen dari total populasi Kanada. 

https://aboutislam.net/muslim-issues/n-america/n-america-muslims-prepare-for-virtual-ris-convention-2/

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini