Selasa 21 Dec 2021 13:16 WIB

Muslim Amerika Utara Gelar Konvensi Bangkitkan Semangat Islam

Konvensi tahunan terbesar Muslim Amerika Utara akan dimulai akhir pekan ini

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Konvensi tahunan terbesar Muslim Amerika Utara akan dimulai akhir pekan ini di Toronto, Kanada.
Foto: About Islam
Konvensi tahunan terbesar Muslim Amerika Utara akan dimulai akhir pekan ini di Toronto, Kanada.

IHRAM.CO.ID, TORONTO – Konvensi tahunan terbesar Muslim Amerika Utara akan dimulai akhir pekan ini di Toronto, Kanada. Karena pandemi Covid-19, acara tersebut akan digelar secara virtual.

“Kami harap Anda semua baik-baik saja dan tetap aman. Kami sangat senang mengumumkan program #RIS2021 adalah LIVE. Anda dapat memeriksanya di situs web kami di http://risconvention.com #TogetherInSpirit,” tulis akun Twitter Reviving Islamic Spirit atau Kebangkitan Semangat Islam (RIS).

Baca Juga

Konvensi yang bertema “The Making of a Better World: Balancing Self and Society” akan berlangsung mulai Sabtu (25/12) hingga Ahad (26/12). Tema konvensi juga akan membahas tentang peningkatan kebencian anti-Muslim di Kanada.

“Muslim di Kanada menyaksikan serangan mengerikan yang menyebabkan empat orang, tiga generasi dari satu keluarga Muslim tewas di kota London, Ontario. Dengan kebencian itu, apa yang harus dilakukan Muslim? Bagaimana seharusnya mereka merespons? Apakah masyarakat yang inklusif dan benar-benar plural masih mungkin atau apakah mimpi itu memudar hingga terlupakan?,” kata situs web RIS.

 

Dilansir About Islam, Selasa (21/12), pemateri tahun ini termasuk daftar ulama dan pembicara terkenal dunia seperti, Maulana Tariq Jameel, Imam Zaid Shakir, Imam Siraj Wahhaj, Sh. Abdal Hakim Murad, Dalia Mogahed, Ustadza Ieasha Perdana, dan lain-lain.

Sejumlah artis ternama juga akan berpartisipasi secara virtual antara lain, Native Deen, Raihan, InTeam dan Ar Rayyan. Konvensi RIS pertama kali diluncurkan 18 tahun yang lalu oleh pemuda Muslim untuk mengatasi serangan balik terhadap Islam dan Muslim setelah 9/11 dan membangun jembatan pemahaman dengan non-Muslim.

Sejak itu, acara tersebut telah menjadi acara tahunan di pusat kota Toronto selama musim libur Natal. Kanada adalah salah satu negara yang paling beragam secara etnis dan multikultural di dunia dengan populasi 35 juta.

Menurut Badan Statistik Kanada, Muslim adalah komunitas agama yang tumbuh paling cepat. Populasi Muslim Kanada meningkat sebesar 82 persen selama dekade terakhir menjadi lebih dari satu juta pada tahun 2011. Sekarang Muslim mewakili 3,2 persen dari total populasi Kanada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement