Rabu 22 Dec 2021 10:38 WIB

Sejumlah Tokoh Politik NU Hadiri Muktamar di Lampung

Muktamar NU Lampung dihadiri sejumlah tokoh politik.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Spanduk Muktamar NU ke-34 terpasang di salah satu jalan Protokol di Bandar Lampung, Lampung, Selasa (21/12/2021). Berbagai pernak-pernik Muktamar NU ke-34 terpasang di seluruh jalan protokol di Lampung untuk memeriahkan acara tersebut yang berlangsung di Provinsi Lampung.
Foto: ANTARA/Ardiansyah
Spanduk Muktamar NU ke-34 terpasang di salah satu jalan Protokol di Bandar Lampung, Lampung, Selasa (21/12/2021). Berbagai pernak-pernik Muktamar NU ke-34 terpasang di seluruh jalan protokol di Lampung untuk memeriahkan acara tersebut yang berlangsung di Provinsi Lampung.

REPUBLIKA.CO.ID,LAMPUNG TENGAH -- Pembukaan Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) berlangsung di Pondok Pesantren Darussa'adah di Lampung Tengah, Rabu (22/12) pagi. Sejumlah tokoh politik NU turut hadir dalam forum terbesar warga nahdlyin tersebut. 

Berdasarkan pantauan Republika di lokasi, politikus NU dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar tampak datang bersama Wakil Ketua MPR RI yang juga merupakan politisi PKB, Jazilul Fawaid. Cak Imin turut mendoakan agar Muktamar NU berjalan dengan lancar. 

Baca Juga

"Semoga muktamar berjalan lancar aman," ujar Cak Imin kepada awak media.

Saat Cak Imin diwawancara awak media, tampak terlihat juga Ketum PBNU pejawat, KH Said Aqil Siroj menyelinap masuk ke ruang acara pembukaan Muktamar NU. Pesaing Kiai Said, KH Yahya Cholil Staquf kemudian menyusul belakangan. 

Tak lama setelah kedatangan Kiai Said, kemudian disusul oleh kedatangan politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), seperti Ketum PPP sekaligus Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa. Ia didampingi Sekjen PPP, Arwani Thomafi dan politisi senior PPP sekaligus Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid. 

Suharso mengucapkan selamat atas terselenggaranya Muktamar NU ke-34. Dia berharap, kedepannya NU bisa memajukan Indonesia. "Mudah-mudahan ke depan memajukan negara kita," ucap Suharso.

Selain dihadiri tokoh politik NU, Muktamar NU juga dihadiri para menteri dari dari NU, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Abdul Halim Iskandar, Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah, dan juga Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. Putri KH Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid juga tampak menghadiri acara pembukaan Muktamar NU. 

"Alhamdullilah muktamar bisa terlaksana dengan baik, dan hari ini walaupun dengan suasana yang mungkin keterbatasan dan kita juga masih dalam suasana pandemi," kata Yenny sebelum memasuka acara pembukaan.

Selain dihadiri oleh para politisi dan menteri dari NU, acara pembukaan juga dihadiri para kiai dan ulama sepuh, seperti Abuya Muhtadi Dimyati. Ada juga beberapa tokoh dari luar NU yang turut hadir, seperti politisi Golkar Lodewijk F Paulus. Bahkan, Muktamar NU kali ini juga dihadiri Hercules Rosario Marshal. 

Sstelah ratusan peserta muktamar berkumpul di lokasi, baru kemudian Presiden Joko Widodo datang untuk membuka Muktamar NU ke-NU. Presiden hadir bersama Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement