Rabu 22 Dec 2021 16:39 WIB

36 Kasus Lokal Covid di Xian China Terkait Penerbangan dari Pakistan

Temuan 36 kasus Covid di Xian, China terkait dengan penerbangan dari Pakistan

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Temuan 36 kasus Covid di Xian, China terkait dengan penerbangan dari Pakistan. Ilustrasi.
Foto: AP/Andy Wong
Temuan 36 kasus Covid di Xian, China terkait dengan penerbangan dari Pakistan. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING - Otoritas kesehatan Provinsi Shaanxi, China menyebutk 36 kasus positif Covid-19 yang menimpa warga Kota Xian berkaitan erat dengan penerbangan dari Pakistan pada 4 Desember lalu. Sampel 36 kasus lokal memiliki kemiripan dengan kasus impor yang terdeteksi dari penerbangan nomor PK854 dari Islamabad, Pakistan, menuju Xian, pada 4 Desember.

Demikian disampaikan Liu Feng dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Provinsi Shaanxi Liu Feng kepada pers di Xian, Selasa (21/12). Hingga Senin (20/12) di Shaanxi ada 43 kasus baru yang tersebar di Kota Xian sebanyak 42 kasus dan Kota Xianyang satu kasus. Dengan adanya kasus itu, maka total kasus positif di China mencapai 96 kasus.

Baca Juga

Dari Xian, kasus yang diidentifikasi sebagai varian Delta tersebut menyebar ke Xianyang, Yanan (keduanya di Shaanxi), Dongguan (Provinsi Guangdong), dan Beijing. Otoritas Xian melarang warga setempat meninggalkan wilayah kota dan lebih dari 15 juta orang telah dites usap PCR.

Sejak ditemukan kasus positif pada 4 Desember, semua penumpang pesawat PK854 yang berjumlah 180 orang dikarantina di sebuah hotel di Xian. Akibat temuan kasus itu pula, 835 jadwal penerbangan di China ditangguhkan sementara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement