Kamis 23 Dec 2021 16:29 WIB

Program Semua Bisa Makan Bantu Fakir Miskin di DKI Jakarta

Program semua bisa makan merupakan program pemberdayaan warung makan kecil

Rep: Fuji E Permana/ Red: Esthi Maharani
Petugas memberikan makanan kepada mustahik saat acara Semua Bisa Makan di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Kamis (23/12).  Baznas DKI Jakarta bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengadakan kembali program Semua Bisa Makan yang merupakan aksi berbagi dan berdonasi untuk memberi makan kepada mustahik dengan target sebanyak 1.500 warung makan terberdayakan serta satu juta penerima makanan di seluruh wilayah DKI Jakarta. Republika/Putra M. Akbar
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas memberikan makanan kepada mustahik saat acara Semua Bisa Makan di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Kamis (23/12). Baznas DKI Jakarta bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengadakan kembali program Semua Bisa Makan yang merupakan aksi berbagi dan berdonasi untuk memberi makan kepada mustahik dengan target sebanyak 1.500 warung makan terberdayakan serta satu juta penerima makanan di seluruh wilayah DKI Jakarta. Republika/Putra M. Akbar

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 yang masih terjadi di Indonesia berdampak terhadap situasi ekonomi saat ini. Situasi tersebut sangat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat terutama kelompok fakir miskin dan usaha warung makan kecil yang amat rentan terhadap permasalahan ekonomi. Untuk menanggulangi masalah tersebut Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta bersama Bank DKI Syariah meluncurkan program semua bisa makan.

Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta menerangkan bahwa program semua bisa makan merupakan program pemberdayaan warung makan kecil, gerakan aksi berbagi dan berdonasi untuk memberi makan kepada saudara-saudara yang membutuhkan. Seperti kaum dhuafa, pemulung, musafir dan fakir miskin khususnya yang ada di wilayah DKI Jakarta.

Kepala Bidang IV Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta, Mandir Ahmad Syafii, mengatakan, program semua bisa makan menargetkan 1.500 warung makan yang berkerja sama dan 1 juta porsi piring penerima manfaatnya di Jakarta. Program ini resmi diluncurkan pada 6 Oktober 2021 di daerah pesanggrahan Jakarta Selatan oleh Gurbenur DKI Jakarta.

Ia mengatakan, pada kesempatan ini pula Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi bersama Bank DKI Syariah. Bank DKI Syariah memberikan donasi sebesar Rp 90 juta langsung diserahkan kepada Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta.

"Ada 5.400 paket yang dibagikan nantinya, semoga ini dapat membantu para masyarakat dan saya berharap banyak yang dapat ikut berkolaborasi dalam program ini sehingga program ini bisa terus ada dan banyak program-program seperti ini kedepannya," kata Syafii dalam siaran pers yang diterima Republika, Kamis (23/12).

Pimpinan Klaster Wahid Hasyim Bank DKI Syariah, Hari Gumbira, mengatakan, pihaknya sangat bangga kepada Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta atas program ini. Semoga program ini bermanfaat dan berdampak bagi UMKM khususnya yang ada di Jakarta.

Ardi, pemilik warung Padang Solok yang menerima manfaat mengatakan, sangat bersyukur atas adanya program semua bisa makan. Karena program ini bisa membantu dirinya untuk terus berjualan di masa pandemi.

"Sangat berterimakasih kepada para donatur khususnya Bank DKI Syariah dan Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta," ujar Ardi.

Program semua bisa makan merupakan program khusus yang menggunakan aplikasi bagi piring yang ada di Playstore dan AppStore. Ini menggunaka voucher, di mana masyarakat dapat berdonasi melalui simpulkebaikan.id atau melalui QR Code yang ada disetiap Mitra Warung Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement